KPU Mimika Mulai Terima Berkas Calon Anggota PPS

Para calon anggota PPS mengantre di Kantor KPU Mimika untuk memasukkan berkas, Kamis (9/5/2024). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika mulai menerima berkas persyaratan seleksi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mimika tahun 2024.

Komisioner KPU Mimika Divisi SDM, Delince Somou mengatakan, pendaftaran sudah dibuka pihaknya sejak 3 Mei 2024, dan penyerahan berkas dimulai per tanggal 5 Mei 2024.

“Kami hari ini sudah menerima berkas-berkas dari calon PPS,” katanya di Kantor KPU Mimika, Jalan Hasanuddin, Mimika, Kamis (9/5/2024).

Delince mengatakan, untuk jumlah keseluruhan pendaftar belum bisa dipastikan, karena prosesnya masih berlangsung.

Untuk pendaftar di wilayah kota, kata dia, kebanyakan sudah melengkapi berkas melalui aplikasi, yang kemudian membawa berkas fisik ke Kantor KPU.

“Yang datang bawa berkas fisik ini calon PPS kota, untuk distrik pedalaman belum dilengkapi berkasnya di aplikasi Siakba,” katanya.

Delince menyebut, sejumlah distrik seperti Mimika Barat Jauh dan Mimika Timur juga belum memasukkan berkas di aplikasi Siakba.

“Jadi kalau berkasnya masih kosong sampai batas waktu yang ditentukan, kami akan menyaring PPS dari PPD yang gugur,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya membutuhkan setidaknya lebih dari 100 petugas PPS yang akan dibagi di masing-masing distrik, diantaranya 3 petugas PPS dan 3 petugas cadangan untuk 1 distrik.

“Yang kami butuhkan itu 6 petugas untuk 1 distrik, namun nanti kita lihat lagi kebutuhan di lapangan. Kalau tidak terlalu dibutuhkan kami siapkan 4-5 petugas saja,” pungkasnya.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *