Lelang Termahal Karya Seni di Asmat Capai Rp35 Juta

Panel Ukir yang dimenangkan oleh Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Asmat, Propinsi Papua Selatan, Orpa Susana Kambu senilai Rp35 juta. (Foto: Yonri/Seputarpapua)
Panel Ukir yang dimenangkan oleh Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Asmat, Propinsi Papua Selatan, Orpa Susana Kambu senilai Rp35 juta. (Foto: Yonri/Seputarpapua)

AGATS | Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Asmat, Propinsi Papua Selatan, Orpa Susana Kambu menjadi pemenang lelang termahal dalam Festival Asmat Pokman ke-35 yang ditutup pada Rabu (12/10/2022).

Seni ukiran tradisional yang dimenangkan Orpa dalam lelang ini berupa panel papan yang bercerita tentang keseharian hidup orang Asmat di kampung.

Ukiran ini merupakan karya seniman lokal bernama Isaias Asmakap. Sang seniman berasal dari Kampung Amanamkai.

Panel ukir berukuran 1,5 meter ini dimenangkannya usai bersaing dengan berbagai pengusaha setempat, Ketua DPRD Asmat, SKPD Asmat, dan bahkan suaminya sendiri, Bupati Asmat Elisa Kambu.

“Saya suka ukirannya. Bagus,” kata Orpa singkat usai memenangkan lelang.

Karya seni yang diboyong Orpa ini seharga Rp35 juta. Dari sejumlah lelang yang sudah digelar sejak Senin, 10 Oktober itu, karya yang dimenangkan dalam lelang ini merupakan harga tertinggi, baik dari kategori patung bercerita maupun panel ukir.

Bupati Asmat, Elisa Kambu dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Festival Asmat Pokman turut membantu ekonomi masyarakat terutama dengan adanya nilai-nilai uang yang terkonfirmasi oleh panitia penyelenggara.

Tercatat, 200 seni patung ukir dan 60 anyaman berupa tas dilelang kepada para tamu dengan total hasil lelang Rp2,4 milyar atau Rp2.243.500.000. Masing-masing yakni Rp1,9 milyar atau Rp1.977.000.000 untuk patung ukiran dan Rp266 juta untuk anyaman.

Sedangkan belanja pemerintah di luar lelang terkonfirmasi sebanyak Rp797 juta atau tepatnya Rp797.800.000.

“Saya akui, masih banyak yang jualannya belum laku. Tapi kami juga punya keterbatasan uang. Kami tidak mungkin membeli semua dari saudara-saudara,” kata Elisa.

 

penulis : Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *