Logistik Pemilu Tahap II Tiba di Merauke

Pengecekan logistik Pemilu di kontener Pelabuhan Merauke (Foto: Humas Polres Merauke)

MERAUKE | Logistik surat suara tahap II Pemilu 2024 yang tiba di Pelabuhan Yos Soedarso Merauke, dibongkar dan diangkut ke Gudang KPU Merauke, Senin (22/1/2024).

Pembongkaran logistik Pemilu ini dikawal anggota Polres Merauke yang dipimpin Kapolres AKBP I Ketut Suarnaya didampingi Kabag Ops AKP Jerry Koagouw.

Ketua KPU Provinsi Papua Selatan, Theresia Mahuze menjelaskan, logistik yang tiba berupa surat suara dan alat kelengkapan TPS untuk Pemilu legislatif dan DPD RI yang terdiri atas 4 jenis yakni DPR RI, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD RI.

“Logistik Pemilu tahap I untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) sudah dilakukan pelipatan dan akan didistribusikan ke empat kabupaten di Papua. Kita punya surat suara, segel, kotak dan segel sudah ada di gudang logistik,” jelas Theresia.

“Kemudian tahap II itu surat suara dan alat kelengkapan TPS lain, yang diadakan oleh KPU kabupaten dan itu semua sudah lengkap. Surat suara untuk 4 jenis Pemilu ini sudah tiba di Pelabuhan Merauke dan hari ini dilakukan bongkar muat ke gudang KPU,” sambungnya.

Setelah dilakukan bongkar muat, lanjutnya, surat suara ini akan didistribusikan ke 4 kabupaten, yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel.

“Mekanismenya, setelah logistik surat suara tiba di gudang logistik kabupaten, itu disortir dulu rusak atau tidak, ada surat suara yg cacat tapi bisa digunakan. Kemudian baru dilakukan proses pelipatan,” ucapnya.

“Surat suara ini sebenarnya dari penyedia atau perusahaan sudah dilipat, namun harus kita cek lagi sesuai kategori-kategori rusak dan cacat, kemudian dicek lagi untuk dilakukan pengeseran, artinya surat suara bersama kelengkapan lain dimasukkan ke kota suara, lalu siap didistribusikan,” terangnya.

Kapolres Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya menyatakan, Kepolisian Negara selalu siap melakukan tugas pengawalan logistik Pemilu di gudang KPU dan pengamanan di Kantor KPU dan Bawaslu dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Kemarin kita sudah laksanakan pengamanan pelipatan surat suara dan hari ini pengamanan logistik Pemilu 2024,” kata Kapolres Suarnaya di sela-sela kegiatan pengawalan logistik.

“Saya harapkan anggota pengamanan dapat bertindak sesuai SOP dan prosedur secara profesional dan selalu waspada serta selalu berkoordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu 2024,” tutupnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *