Longboat Terbalik di Muara Omauga, 2 Orang Hilang

Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian. (Foto: Ist)
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian. (Foto: Ist)

TIMIKA | Dua orang hilang setelah longboat (perahu panjang) terbalik di Muara Omauga, Distrik Mimika Timur Jauh, Mimika, Papua Tengah.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Charles Y. Batlajery, Kamis (8/2/2024) mengungkapkan, musibah itu terjadi pada Rabu 7 Februari 2024.

Longboat berpenumpang 3 orang itu awalnya bertolak dari Poumako tujuan Kampung Manasari.

Dalam perjalanan tepat di Muara Omauga, mesin motor mati dan longboat dihantam ombak hingga terbalik. Hal itu dilaporan Ansar yang merupakan kerabat korban.

“Rabu pagi 7 Februari 2024 sekitar pukul 08:00 WIT, sebuah longboat bermesin ganda 40 PK 15 PK berpenumpang 3 orang terbalik di Muara Omauga,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Kamis malam.

Menurut Charles, seorang korban bernama Agus 42 tahun selamat setelah berenang berusaha mencapai daratan dan ditemukan masyarakat setempat.

Sementara 2 orang lainnya, yakni Wawan (37 ) dan Semi (24) hingga laporan diterima petugas jaga Kantor SAR belum diketahui nasib dan keberadaannya.

Tim SAR gabungan bersama salah satu korban yang selamat menggunakan RBB 600 PK dan perahu karet 15 PK menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian korban.

Dikarenakan cuaca di laut yang sangat buruk, upaya pencarian yang berlangsung hingga pukul 18:00 WIT pun tidak berjalan dengan maksimal.

“Direncanakan pencarian akan kembali dilanjutkan pada besok pagi pukul 06.00 WIT sesuai dengan rencana operasi SAR hari kedua,” tuturnya.

Charles juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang ingin berlayar atau melaut untuk menahan diri, jika mereka merasa kapal yang digunakan tidak memenuhi kondisi.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *