Michael Gomar Lepas 10 Anak Mappi Penerima Beasiswa Institut Luar Negeri

Pj Bupati dan Sekda Mappi saat foto bersama para pelajar penerima beasiswa luar negeri berikut orang tuanya. (Foto: Humas Pemkab Mappi)

TIMIKA | Penjabat (Pj) Bupati Mappi, Provinsi Papua Selatan, Michael Gomar melepas putra putri asli Kabupaten Mappi penerima beasiswa luar negeri untuk menempuh pendidikan pada institut di New Zealand, pada Rabu, 15 November 2023 di Pendopo.

Ada sebanyak 10 anak asli Mappi mendapatkan kesempatan melalui program beasiswa luar negeri yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi melalui dana otonomi khusus (Otsus) tahun 2023. Mereka akan akan melanjutkan pendidikan S1 di Institute of the Pacific United (IPU) New Zealand.

Ini merupakan pertama kali Pemkab Mappi mengirim anak-anak asli Mappi sebagai mahasiswa penerima beasiswa pemkab untuk berkuliah ke luar Negeri.

Pj Bupati Mappi, Michael Gomar mengatakan, program beasiswa luar negeri ini merupakan salah satu program prioritas, yaitu investasi sumber daya manusia (SDM) anak asli Mappi yang dilakukan oleh pemkab guna meningkatkan SDM anak-anak Mappi agar handal.

“Kita bersyukur ini pertama kali kita mengirim anak-anak Mappi untuk kuliah di luar negeri,” kata Gomar.

Keinginan Gomar menginvestasikan SDM anak-anak Mappi dengan kualitas yang handal agar setelah berkuliah diluar negeri anak-anak ini akan kembali dan berdiri sebagai bupati, sekda maupun pejabat lainnya.

“Dan juga akan menjadi role model bagi adik-adik yang lainnya,” katanya.

Ia berpesan kepada 10 anak ini agar berkuliah dengan tekun dan harus membuktikan keberhasilannya kepada masyarakat Mappi.

Gomar menyebutkan, Pemerintah adalah sponsor utama, tetapi yang paling penting adalah hati, niat, usaha dan tekad dari para pelajar itu sendiri untuk mencapai masa depan yang cerah.

“Saya bisa jadi Pj Bupati, pak Sekda bisa jadi sekda, begitu pun bapak/ibu kepala dinas karena kita bukan dari keluarga yang mampu atau kaya, tetapi karena kemauan belajar, berusaha dan berdoa atas komitmen untuk sukses dengan berbagai tantangan, kerja keras dan air mata. Tugas utama adik-adik disana adalah belajar, berusaha, dan berdoa,” pesannya.

Gomar berpesan agar anak-anak bisa segera menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di Kampus IPU New Zealand.

“Jaga diri dengan baik, membuka mindset, dan bergaul dengan rekan-rekan mahasiswa dari berbagai negara. Tetap menjaga budaya Papua dan jangan terpengaruh dengan hal-hal negatif,“ pesannya lagi.

Acara pelepasan ini dihadiri para orang tua dari pelajar penerima beasiswa.

Pelepasan penerima beasiswa ditandai dengan penyerahan visa perjalanan sebagai mahasiswa oleh Pj Bupati dan Sekda Mappi kepada perwakilan mahasiswa dan mahasiswi.

penulis : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *