Peran Media di Pemilu dan Pemilulkada 2024 Sangat Penting

TIMIKA I Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimka menggelar tatap muka bersama insan pers menjelang Pemilu dan Pemilukada serentak tahun 2024.

Tatap muka digelar pada salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, Kota Timika, Mimika, Papua Tengah, Rabu (22/11/2023).

Tak hanya dengan insan pers, tatap muka ini juga dihadiri sejumlah narasumber baik dari Bakesbangpol, Diskominfo, KPU, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Mimika Septinus Timang mengatakan, insan pers memiliki peran sangat penting dalam mensukseskan semua tahapan Pemilu 2024.

Karena didalam demokrasi, media merupakan sesuatu yang tidak bisa dielakkan dan juga merupakan agen penting komunikasi dan sosialisasi politik.

Peran media dinilai sangat penting karena berfungsi sebagai penyampai informasi, edukasi dan juga penangkal hoaks kepada publik.

“Media memainkan peran mengontrol sosial dalam proses demokrasi politik yang akan kita hadapi di tahun 2024, karena kita tahu bahwa sejarah perubahan peradaban itu tidak terlepas dari media yang memiliki peran yang sangat besar,” kata Septinus membuka kegiatan tatap muka.

Menurutnya, dalam proses perjalanan Pemilu bukan hanya tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu, tapi semua pihak.

“Saya percaya dengan pengalaman kita yang kita miliki dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada sebelumnya, kita memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan Pemilu 2024 jauh lebih baik dibandingkan Pemilu dan Pemilukada sebelumnya,” pungkas Septinus.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Yan Slamat Purba mengharpkan kepada insan pers dapat memberikan edukasi yang baik selama tahapan Pemilu dan Pemilukada. Sehingga partipasipasi masyarakat terutama kaum muda tidak golput.

“Mari kita sama-sama ciptakan Pemilu yang aman dan damai, khususnya di Mimika. Karena peran insan pers sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi yang edukasi,” pukas Purba.

penulis : Eci Mnsen
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *