Pj Gubernur Papua Tengah Cek Kesiapan Pemilu di Mimika

Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk saat mengunjungi lokasi gudang logistik pemilu di gedung eme neme Yauware, Mimika, Papua Tengah, Selasa (6/2/2024). (Foto: Ist)
Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk saat mengunjungi lokasi gudang logistik pemilu di gedung eme neme Yauware, Mimika, Papua Tengah, Selasa (6/2/2024). (Foto: Ist)

TIMIKA | Penjabat (PJ) Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengecek kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Papua Tengah, salah satunya adalah berkunjung ke Mimika, Selasa (6/2/2024).

Pj Gubernur saat tiba di Kabupaten Mimika langsung mendatangi gudang logistik di Gedung Eme Neme Yauware Timika. Berdasarkan pantauan ia melihat langsung kondisi logistik Pemilu dan berbincang-bincang dengan Komisioner KPUD Mimika tentang kesiapan Pemilu.

Ketua KPUD Mimika, Dete Abugau mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Pj Gubernur Papua Tengah ke KPUD Mimika. Kunjungan itu menjadi penambah semangat bagi komisioner KPUD untuk melaksanakan Pemilu 2024.

“Kunjungan Pj Gubernur tentu menjadi penambah spirit (semangat) bagi kami Komisioner KPUD Mimika. Apalagi, kami baru dilantik 3 hari lalu,” ujarnya.

Dete melaporkan kesiapan Pemilu di Kabupaten Mimika telah mencapai 95 persen. Saat ini seluruh surat suara baik untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Papua Tengah dan DPRD Kabupaten Mimika telah selesai dilaksanakan.

“Saat ini kami hanya minus kotak surat suara DPRD Kabupaten Mimika sebanyak 30 unit. Namun, kotak surat suara itu saat ini telah dalam perjalanan,” katanya.

Dete melanjutkan pengiriman logistik Pemilu ke masing-masing wilayah, akan dilakukan tanggal 9-10 Februari 2024 ke 12 Distrik terjauh dan 6 Distrik daerah terdekat tanggal 12 Februari 2024.

Dete Abugau menambahkan KPUD Mimika saat ini siap melaksanakan Pemilu 2024 sesuai asas Pemilu yakni Luber-Jurdil serta akan bekerja secara profesional.

“Segala proses tahapan Pemilu sudah berjalan dengan baik, dan tentunya kami berkomitmen untuk melaksanakan Pemilu dengan jujur dan adil,” tegasnya.

Senada dengan Dete, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pj Gubernur dan Forkopimda Provinsi Papua Tengah di Kabupaten Mimika, untuk melihat langsung kesiapan Pemilu.

Yan mengaku pemkab selama ini terus menjalin komunikasi dengan KPU dan Bawaslu juga pihak penyelenggara pemilu lain demi mensukseskan Pemilu.

“Pada prinsipnya KPUD Mimika sangat siap untuk melaksanakan Pemilu,” tegasnya.

Ia bahkan mengaku Pemda Mimika sangat antusias untuk mensukseskan Pemilu yang aman, tentram dan bermartabat.

“Pemerintah daerah, unsur Forkopimda hingga aparat TNI-Polri di Kabupaten Mimika terus bersinergi bersama menjaga agenda besar Negara ini, yaitu mensukseskan Pemilu,” tutupnya.

Turut hadir mendampingi Pj Gubernur yaitu Pj Sekda Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damanik, S.STP., MM, beberapa pejabat SKPD Provinsi Papua Tengah, Forkopimda Provinsi Papua Tengah, Forkopimda Mimika dan KPUD Mimika.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *