Polda Papua Terjunkan 8.617 Personel Amankan TPS Pemilu 2024

Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih serta Asisten I Setda Papua memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024. (Foto: Dok Humas Pemprov Papua)
Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih serta Asisten I Setda Papua memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024. (Foto: Dok Humas Pemprov Papua)

JAYAPURA | Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang tinggal tujuh hari lagi tepatnya 14 Februari 2024, Kepolisian Daerah (Polda) Papua menggelar Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Wilayah Hukum Polda Papua, Rabu (7/2/2024), di Halaman Lantamal X Jayapura, Papua.

Apel gabungan ini dipimpin oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakiri dan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan juga Plt Asisten I Setda Papua, Yohanes Walilo dengan diikuti personel gabungan TNI-Polri.

Dalam arahannya, Kapolda Papua menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi pemilu, serta mengingatkan agar tidak terjadi polarisasi, hoaks, maupun isu SARA yang dapat mengganggu prosesnya demokrasi.

“Kurang lebih 7 hari lagi Pemilu 2024 secara serentak seluruh nusantara, dan hari ini rekan-rekan akan disebar ke beberapa daerah yang memerlukan perbantuan personel Polda Papua. Saya berharap rekan-rekan telah mempersiapkan diri dalam melaksanakan tugas mulia tersebut, karena daerah yang dituju memiliki medan yang berbeda,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakiri.

Selain itu, kata Kapolda, ada sebanyak 8.617 personel siap diterjunkan untuk mengamankan seluruh TPS di tanah Papua berdasarkan jadwal KPU. Selain personel, Pejabat Utama (PJU) Polda Papua akan dikerahkan diseluruh kabupaten/kota pada H-4 sebelum pelaksanaan pemilu.

“Tentunya tidak semua tempat itu sama, tentunya kita aparat keamanan TNI-Polri siap mengawal, dan tentunya kita siap memback up teman-teman KPU, sehingga penyelenggaraan tanggal 14 bisa berjalan sesuai jadwal waktu yang sudah ditentukan. Semua polres sudah siap untuk bergeser ke TPS pada sesuai waktu dan jadwal, tentunya ini bagian kontrol kita supaya membantu polres bagaimana melihat pelaksanaan pergeseran menuju TPS,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan turut mengingatkan perlunya memastikan kesiapan dalam segala aspek, baik personel maupun perlengkapan yang digunakan guna menyakinkan kembali bahwa seluruh personel benar-benar siap untuk melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024.

“Saya berharap kita tetap semangat dan solid dalam melaksanakan tugas mulia ini. Karena ini sebagai bentuk pertanggungjawaban dan panggilan tugas kepada Bangsa dan Negara. Saya berharap agar memastikan seluruh personel siap bertugas, lengkap dan melaporkan jika ada kekurangan maupun kendala,” tandasnya.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *