Polisi Sebut Pelaku Penembakan Pesawat di Pegubin KKB Kodap 35

Bekas tembakan di pesawat. (Foto: Ist)
Bekas tembakan di pesawat. (Foto: Ist)

TIMIKA | Polda Papua menyebut pelaku penembakan terhadap pesawat Ikaros jenis Caravan PK-HVV di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua Pegunungan siang tadi, Senin (9/1/2023), merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dari Kodap 35 Bintang Timur dibawah pimpinan Ananias Atimin.

“Kejadian tersebut diduga dilakukan oleh KKB KODAP XXXV (35) Bintang Timur Kabupaten Pegunungan pimpinan Ananias Atimin Bintang hingga membuat pesawat tersebut batal untuk melakukan landing,” ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya.

Ia juga mengatakan kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10.45 WIT saat pesawat berjenis Caravan PK-HVV yang di piloti Captain Tohirin akan melakukan landing di Bandara Oksibil dengan rute Tanah Merah-Oksibil.

“Pesawat cargo tersebut merupakan pesawat cargo barang dagangan, namun hingga kini kami masih belum mendapatkan kepastian mengenai korban jiwa maupun materil, karena masih menunggu konfirmasi dari pihak Bandara Oksibil,” terangnya.

Saat ini Kepolisian tengah menangani kasus tersebut dan akan melakukan pendalaman terhadap KKB yang melakukan aksi penembakan hingga membuat pesawat gagal landing.

“Kami akan lakukan penyelidikan menyeluruh terhadap kasus yang terjadi siang tadi di Bandara Oksibil, dan kami juga akan memastikan apa saja kerugian yang dialami akibat aksi tersebut,” jelasnya.

Selain itu, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Muhammad Dafi Bastomi juga menyampaikan kalau pihaknya akan menjamin keamanan di Kabupaten Pegunungan Bintang dan akan mengusut peristiwa ini.

“Hingga kini kami masih belum mendapatkan informasi mengenai sisi mana (pesawat) yang terkena tembakan, namun kami akan memastikan aktivitas penerbangan di Bandara Oksibil baik dari luar maupun keberangkatan,” ujar Kapolres.

Tidak hanya menembak pesawat, kelompok ini juga melakukan aksi pembakaran terhadap bangunan SMKN 1 Oksibil.

 

penulis : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *