POP SMA/SMK Papua Selatan Perdana Digelar, Diikuti 1000 Peserta

Launcing Pekan Olahraga Pelajar Papua Selatan ditandai dengan pelepasan balon. (Foto: Humas Pemprov PPS)
Launcing Pekan Olahraga Pelajar Papua Selatan ditandai dengan pelepasan balon. (Foto: Humas Pemprov PPS)

MERAUKE | Pekan Olahraga Pelajar (POP) SMA/SMA se- Papua Selatan tahun 2024 dilauncing atau dan dibuka secara resmi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Papua Selatan, Soleman Jambormias di Taman Mandala Merauke, Sabtu (20/4/2024).

Iven olahraga pelajar tingkat provinsi ini menjadi ajang perdana digelar sejak Papua Selatan dibentuk menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) mekar dari Provinsi Induk Papua 30 Juni 2022 lalu.

Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar (POP) diawali dengan long lmarch, jalan santai peserta POP dari Kantor Gubernur Papua Selatan menuju Taman Mandala yang dilepas oleh Sekda Papua Selatan, Maddaremmeng.

Soleman Jambormias mengatakan, pagelaran POP bertujuan mengevaluasi pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah Papua Selatan menuju Pra Popnas tahun 2024 dan Popnas tahun 2025.

“POP Papua Selatan sebagai babak kualifikasi 8 (delapan) cabang olahraga untuk mengikuti Pra POPNAS tahun 2024 dan POPNAS XVII tahun 2025 dan sebagai media untuk memupuk, memelihara dan menggalang persatuan dan kesatuan pelajar,” kata Soleman Jambormias dalam sambutannya.

Selaku Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (PAPOPSI) Papua selatan, Soleman Jambormias mengaku belum pernah ada pelaksanaan POP se-Papua dalam sejarah.

Papua Selatan sebagai provinsi baru, lanjutnya, menjadi yang pertama menyelenggarakan POP tingkat provinsi, yang bertujuan menjalin persaudaraan antar pelajar dengan sebuah komitmen memajukan olahraga di tanah Papua Selatan agar bisa berkompetisi di tingkat nasional.

“Hasil POP akan melahirkan atlet yang siap kita bawa ke Pra Popnas di Ternate, (Maluku Utara) kemudian lanjut dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di NTT 2025,” ujar Soleman.

“Untuk itu, atlet berprestasi dalam POP ini akan dibina lebih lanjut dengan menitipkan di sekolah SMA/SMK yang ada di Kota Merauke sebagai tahap persiapan mengikuti Pra Popnas dan Popnas nanti,” sambungnya.

Dia menambahkan, iven POP Provinsi Papua Selatan bakal rutin dilaksanakan secara bergilir di 4 kabupaten (Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel). Gelaran POP berikutnya, Kabupaten Asmat akan menjadi tuan rumah.

“Mari kita jaga keamanan, sportifitas, siap terima kalah atau menang. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan guru dan kepala sekolah yang mengirimkan pelajarnya untuk ikut POP 2024. Mari kita tingkatkan olahraga sebagai wahana pemersatu dalam membangun Papua Selatan lebih baik ke depan,” ajak Soleman.

Sementara itu, Ketua Panitia POP Papua Selatan, Mozes Maniagasi menyebutkan, jumlah peserta POP untuk Kabupaten Merauke berjumlah 1000 orang, Asmat 42 orang, Mappi 53 orang dan Boven Digoel 121 total 1.216 orang.

“Total keseluruhan sekitar 1000 lebih ditambah peserta yang belum tiba di Merauke dengan waktu pelaksanaan berlangsung 22 April sampai 1 Mei 2024,” ujar Mozes.

POP Papua Selatan, lanjutnya, akan mempertandingkan 8 cabang olahraga (Cabor) yaitu bulu tangkis (putra putri), bola voli (putra putri), tenis lapangan (putra putri(, tinju (putra putri), bola basket (putra putri), sepak bola putra dan sepak takraw putra.

“Iven olahraga ini diikuti pelajar SMA/SMK dari empat kabupaten di Papua Selatan yakni Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel,” tandasnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *