Seorang Nelayan Merauke Terjatuh dan Hilang di Perairan Kumbe

Tim SAR dikerahkan untuk melakukan pencarian nelayan jatuh di perairan Kumbe, Merauke.
Tim SAR dikerahkan untuk melakukan pencarian nelayan jatuh di perairan Kumbe, Merauke.

MERAUKE | Salah satu kru kapal motor nelayan (KMN) Ika Raki atas nama Riki Yacob, berusia 35 tahun, dilaporkan terjatuh dari atas kapal yang ditumpanginya kemudian hilang di perairan Kumbe, Distrik Malind, Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada Senin (28/11/2022) malam.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kabupaten Merauke, Darmawan ketika dikonfirmasi Selasa (29/11/2022) menyatakan bahwa peristiwa nahas yang menimpa Riki Yacob dilaporkan oleh personel Satpolairud Polres Merauke bernama Irwan kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan pada Senin malam.

“Pak Irwan melaporkan ke kami melalui sambungan telp pada Senin 29 November 2022 sekitar pukul 20.00 Wit, bahwa ada salah satu anak buah kapal atas nama Riki Yacob terjatuh dari KMN Ika Raki,” kata Darmawan.

Mengutip laporan Irwan, Darmawan menyampaikan bahwa peristiwa itu terjadi ketika kapal motor nelayan Ika Raki sedang berlabuh di tengah sungai Kumbe. Korban Riki Yacob dikabarkan terjatuh akibat terkena tali jangkar sekitar pukul 19.10 WP.

“Upaya pencarian oleh rekan-rekan korban langsung dilakukan malam itu, namun tidak membuahkan hasil,” tuturnya.

“Menurut penuturan saksi mata, korban terakhir kali terlihat mengenakan celana jeans dan baju berwarna hitam. Sedangkan cuaca di sekitar lokasi kejadian terjadi hujan lokal dengan kecepatan angin berkisar antara 8 – 20 knot dan tinggi gelombang permukaan mencapai 1 meter,” sambung Darmawan.

Menerima laporan tersebut, Pencarian dan Pertolongan Merauke mengerahkan satu tim SAR untuk melakukan pencairan di sekitar lokasi kejadian. Pencarian terhadap korban Riki Yacob dikakukan bersama tim pencari gabungan, nelayan dan warga setempat.

“Kami mengerahkan satu tim pencari yang dibantu tim gabungan bersama nelayan dan warga di Kumbe melakukan pencarian. Tim sedang dalam perjalanan ke sana, dan kami akan update informasi selanjutnya,” pungkas Darmawan.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.