TPNPB Klaim Kuasai Ibukota Maybrat Kumurkek

Ilustrasi
Ilustrasi

MANOKWARI | Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengkalim telah menguasai Ibukota Maybrat Kumurkek sejak beberapa hari sebelum Natal hingga saat ini.

Hal tersebut dinyatakan Arnoldus Kocu, pentolan TPNPB melalui rekaman suara yang diterima dari Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom dan diteruskan kepada awak media.

“Saya diperintahkan Pimpinan Kodap IV Sorong Raya kini menguasai Ibukota Kabupaten Kumurkek” kata Arnoldus Kocu yang menyebut dirinya Komandan Operasi.

Ia menyebut, per hari Minggu malam, 25 Desember 2022, merupakan malam ke empat penguasaan TPNPB di wilayah itu. “Malam ini malam ke empat, kami kuasai Ibukota Kabupaten Maybrat,” tuturnya.

Kocu juga menegaskan bahwa tindakan jeda kemanusiaan yang digaungkan berbagai pihak, secara resmi ditolak oleh TPNPB.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel T. Monang Silitonga ditemui Senin (26/12/2022), menyebut bahwa klaim TPNPB menguasai Ibukota Kumurkek merupakan bohong.

“Itu bohong, itu rekayasa mereka. Sebab anak buah saya sudah berada di sana,” kata Kapolda.

“Mereka bilang menguasai, anak buah kita ada di sana kok” imbuhnya.

Kapolda menambahkan, situasi di Maybrat saat ini para pengungsi sudah kembali dari tempat pengungsian ke kampung-kampung mereka, hanya saja TPNPB turut ikut menyusup.

 

penulis : Annisa Raharusun
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan