YPL Gelar ‘Leadership Training’ Tingkatkan Tenaga Pendidik dan Pengelola Asrama SATP

FOTO | Direktur YPMAK, Pengelola YPL dan SATP saat foto bersama di pelatihan kepemimpinan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
FOTO | Direktur YPMAK, Pengelola YPL dan SATP saat foto bersama di pelatihan kepemimpinan. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Yayasan Pendidikan Lokon (YPL) terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik kepada tenaga maupun peserta didik di Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP).

YPL merupakan mitra pendidikan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola Dana kemitraan PT Freeport Indonesia.

Peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik dengan menggelar pelatihan yang bertajuk ‘leadership training’ (pelatihan kepemimpinan).

Pelatihan digelar selama 3 hari 20-22 April 2022 di Hotel Horison Ultima Timika, dengan peserta yang berasal dari pengelola dan tenaga pendidik di SATP.

Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado sekaligus Sekretaris Eksekutif YPL, Prof., Dr Johanis Ohoitimur mengatakan, ‘leadership training’ ini bagian dari komitmen YPL sejak bermitra dengan YPMAK untuk menyelenggarakan dan mengelola SATP.

Komitmen ini menyatakan bahwa YPL akan mengembangkan pendidikan bermutu bagi putra-putri Papua.

“Kerjasama dalam mengembangkan putra-putri Papua ini sendiri sudah dilangsungkan sejak Tahun 2003 di Tomohon,” katanya.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, bukan hanya peningkatan kualitas. Namun, kata dia, juga menyiapkan kader-kader masa depan untuk menjadi pemimpin di dunia pendidikan.

Karenanya, pelatihan ini didiikuti 10 orang putra-putri asli Papua sebagai pemimpin de facto, dan diharapkan menjadi kader-kader masa depan. Hal ini juga menjadi aset penting bagi SATP.

“Kami mau potensi putra-putri Papua muncul dan bisa dikembangkan melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SATP Johana M M Tnunay mengatakan, YPL sebagai mitra dari YPMAK tentu berinovasi melakukan pengembangan-pengembangan sesuai harapan dari YPMAK.

Berbagai kegiatan yang berinovasi dilakukan guna menjawab harapan YPMAK, yakni generasi Amungme dan Kamoro memiliki sumber daya yang memadai dan handal.

YPL dalam pengelolaan SATP memilliki bagitu banyak program-program dan kegiatan, seperti pembelajaran yang inovatif.

Pembelajaran dengan laboratorium alam di SATP yang mengarah pada strategi informasi untuk melakukan pembelajaran.

Disamping itu, adanya laboratorium alam untuk Matematika, IPA, dan ada panggung-panggung yang disediakan untuk anak-anak berkarya.

Selain itu, di dalam ruang kelas juga dilakukan pembelajaran secara inovatif melalui Smart TV dengan Microsoft Office 3.6.5.

Ini diperlukan, karena guru tidak hanya bisa menyampaikan materi pembelajaran saja, tapi harus Ada terobosan-terobosan untuk peningkatan SDM,

“Kami terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan, guna peningkatan kualitas SDM. Serta melakukan terobosan-terobosan yang lebih lagi kepada guru-guru, untuk menjawab peningkatan kualitas pendidikan kepada anak-anak Amungme dan Kamoro, serta 5 suku kekerabatan lainnya,” ungkapnya.

*YPMAK Apresiasi Langkah YPL Kembangkan SDM di SATP*

Direktur YPMAK Vebian Magal sangat mengapresiasi pihak YPL yang telah melakukan langkah-langkah tepat guna menjalankan program-program yang besar untuk SATP,  sehingga untuk mewujudkan hal tersebut, maka harus mempunyai tim yang solid.

“Kami yakin dan percaya ke depan ini pasti ada perubahan-perubahan besar berarti bagi anak-anak Amungme Kamoro, serta 5 suku kekerabatan yang ada di lingkungan SATP,” katanya.

Melalui Tim yang solid, maka YPL melalui SATP memiliki strategi-strategi yang tepat untuk menyiapkan kader pemimpin, sehingga bisa berdampak pada program yang akan dijalankan bersama YPL.

“Kami yakin dan percaya bahwa generasi-generasi Amungme dan Kamoro serta lima suku kekerabatan akan muncul dari SATP 10-15 tahun mendatang,” ujarnya.

reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.