19 Tahun Menanti, Bandara Kepi Kini Bisa Didarati Pesawat ATR

Foto bersama romongan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan rombongan Pj Bupati Gomar serta pihak Trigana Air. (Foto: Humas Mappi)
Foto bersama romongan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan rombongan Pj Bupati Gomar serta pihak Trigana Air. (Foto: Humas Mappi)

MAPPI | Bandara Kepi yang berada di Distrik Oba,’a, Kabupaten Mappi, Papua Selatan, kini sudah bisa didarati pesawat jenis ATR, setelah 19 tahun kabupaten dengan julukan kota sejuta rawa dibentuk.

Pesawat jenis ART 42/500 PK – YSP milik Trigana Air Service dengan membawa rombongan Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dari Bandara Mopah Merauke berhasil mendarat mulus di Bandara Kepi, Selasa (5/9/2023).

Pendaratan pesawat jenis ATR ini merupakan test landing dan disaksikan Pj Bupati Mappi Michael Gomar, Sekda, Angggota DPRD, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat.

Advertisements

Sedangkan test take off dari Bandara Kepi, Pj Bupati Mappi Michael Gomar dan rombongan ikut langsung dalam pesawat tersebut dengan tujuan Bandara Mopah Merauke, bersama rombongan Pj Gubernur Papua Selatan.

Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Mappi dengan hadirnya pesawat jenis ATR, sehingga mampu melayani lebih banyak lagi masyarakat menggunakan transportasi udara.

“Pertama kita memberikan apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada bapak Pj Bupati Mappi dan jajarannya juga kepada pimpinan DPRD yang selama ini memperjuangkan Bandara, Apron dan terminal representatif dan fligth dari pesawat yang mampu membawa 44 orang penumpang,” kata Apolo.

Dengan hadirnya pesawat jenis ATR diharapkan dapat melayani lebih banyak masyarakat dengan rute penerbangan Merauke – Kepi, dengan frekuensi tiga kali dalam seminggu.

Selain itu, lanjut Apolo, pengiriman barang dengan jumlah besar sudah tidak harus lagi mencarter pesawat.

“Selama ini kita kalau mengirim barang dalam jumlah yang besar, itu harus kita carter. Tapi dengan hadirnya pesawat ATR ini cukup dengan cargo saja. Ada juga free bagasi 10 Kg dari meskapai. Dan juga penumpangnya bisa dalam jumlah yang lebih banyak lagi,” tutur Apolo.

Apolo juga berharap pertumbuhan dan perkembangan Kabupaten Mappi semakin lebih cepat dengan hadirnya pesawat jenis ATR.

Advertisements

Sebab, dengan adanya landasan pacu yang kurang lebih sepanjang 1.400 meter, dan apron serta terminal yang baru bisa bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah ini.

Apolo berterimakasih kepada Maskapai Trigana Air yang sudah melakukan bekerjasama dengan Pemkab Mappi.

Advertisements

“Atasnama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Selatan kami mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Mappi,” ujar Apolo.

Apolo menambahkan, dari pantauan di kawasan Bandara dan terminal bahwa secara fisik pembangunan terminal tinggal tahapan finishing saja.

Pemerintah Provinsi Papua Selatan bakal ikut mengambil bagian untuk melengkapi bagian – bagian yang masih kurang.

Advertisements

“Dan tadi saya sudah berbicara dengan bapak Pj Bupati Mappi mungkin kita memanggil Bapak Presiden untuk meresmikan secara langsung Bandara Kepi,” tutur Apolo.

Sementara terkait dengan tiket pesawat  akan disubsidi oleh pemerintah. Tetapi, kata Apolo, bakal didiskusikan antara Pemprov dan Pemkab Mappi.

“Karena ini masyarakat kita. Nanti kita akan cari pola untuk sharing anggaran. Tetapi masyarakat bisa akses Kepi – Merauke dengan harga kurang lebih Rp1.200.000 – 1.300.000,” ungkap Apolo.

Advertisements

Sementara itu Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar menyampaikan terimkasih atas kesediaan waktu dari Pj Gubernur untuk hadir mengikuti test landing dan take off meskapai Trigana Air jenis ATR di Bandara Kepi.

“Kami berharap untuk pengembangan kedepannya tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah Kabupaten Mappi. Tetapi ada juga dukungan dari Provinsi Papua Selatan untuk pengembangan Bandara yang juga menjadi ikon bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Mappi,” kata Gomar.

Gomar menjelaskan, kehadiran test landing dan take off pesawat jenis ATR pada hari ini adalah kerinduan dan harapan dari seluruh masyarakat Mappi.

Akses mobilisasi transportasi udara akan terbuka, pertumbuhan ekonomi masyarakat akan terbuka, dan juga masyarakat akan mendapatkan layanan transportasi udara dengan baik.

Advertisements

Menurut Gomar, dengan adanya rencana kedatangan Bapak Presiden untuk meresmikan terminal dan Bandara, tentunya sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Mappi,
pihaknya berharap hal dapat terwujud.

“Semua ini bisa berjalan berkat dukungan dari semua pihak dari masyarakat dan juga tentunya dari para mantan pejabat sebelumnya, mantan bupati, mantan kadis perhubungan, mantan kepala bandara. Sehingga rencana ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Gomar.

“Dan pada hari Senin tanggal 11 September 2023 kita akan menikmati penerbangan perdana pesawat Trigana Air Jenis ART dari Merauke – Kepi pulang pergi. Dan untuk pola tiket subsidinya,nanti akan kita bahas secara internal dengan dinas perhubungan Provinsi Papua Selatan,” pungkas Gimar.

 

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *