2023, Freeport Produksi 1,9 Juta Ons Emas dan 1,6 Miliar Pon Tembaga

2023, Freeport Produksi 1,9 Juta Ton Emas dan 1,6 Miliar PON Tembaga
Presdir PTFI Tony Wenas saat menyampaikan pesan Natal dalam kegiatan Natal Low Land PTFI di Gedung Serbaguna Kuala Kencana, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Di tahun 2023, PT Freeport Indonesia (PTFI) memproduksi 1,6 miliar pon tembaga, dan 1,9 juta ons emas.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas dalam acara Natal PTFI Dataran Rendah (Low Land) di Gedung Serbaguna Kuala Kencana, Sabtu (3/12/2023).

Tony menyebut pencapaian itu merupakan hal yang luar biasa, dan tidak akan bisa dilakukan tanpa kerjasama seluruh karyawan PTFI.

“Kemarin saya hadir Natal di Tembagapura yang saya sampaikan di sana adalah mereka telah melakukan kinerja yang luar biasa karena berhasil memproduksi 1,6 miliar pon tembaga, dan 1,9 juta ons emas dalam tambang bersistim berkelanjutan,” tuturnya.

Tony mengatakan PTFI ibarat satu komponen tubuh, dimana seluruh bagiannya memiliki peranan penting.

“Tanpa adanya tim produksi, operasi tidak akan berjalan, begitu pun sebaliknya, maka dari itu kita harus saling dukung, kita seperti satu tubuh, semua berperan penting,” ungkapnya.

Tony mengajak semua karyawan PTFI bersyukur atas tercapainya semua target perusahaan.

Selain itu, Tony juga menyinggung soal capaian pembangunan Smelter Gresik yang telah mencapai 83 persen. Untuk itu, dia juga mengapresiasi semua karyawan PTFI yang terlibat di dalamnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia juga berencana menambah masa kontrak PTFI hingga 2061 atau selama 20 tahun setelah Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) berakhir tahun 2041, dengan catatan Indondonesia mendapatkan tambahan 10 persen saham.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *