Venue Biliar dan Panjat Tebing Mulai Dibangun

Kamis, 31 Okt 2019 16:48 WIT
Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyiram adukan semen pembangunan GOR Cabor Biliar. (Foto: Batt/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, terus menggenjot pembangunan fasilitas olahraga (baca: venue) untuk pelaksanaan PON 20 tahun 2020 mendatang. 

Salah satunya adalah membangun fasilitas olahraga untuk cabor Biliar dan Panjat Tebing. 

Peletakan batu pertama dilakukan Bupati Mimika Eltinus Omaleng tanda dimulainya pembangunan Gor Biliar dan Panjat Tebing yang berlokasi di jalan Poros SP5 depan Sekolah KPG, Kamis, (31/10). 

Dalam sambutannya, Bupati Omaleng mengatakan, pembangunan dua fasilitas olahraga ini akan dilakukan dalam dua tahap. 

"Untuk cabor Biliar ini kami awalnya anggarkan Rp30 miliar, tapi karena waktu jadi dibagi dua tahap. Tahap pertama Rp10 miliar dan sisanya tahun depan," ujarnya. 

Begitulah untuk fasilitas cabor Panjat Tebing, anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp23 miliar. Pada tahap pertama dialokasikan sebesar Rp2 miliar untuk pembersihan dan penyiapan lahan, sisanya Rp21 miliar akan dialokasikan tahun depan. 

"Awalnya kita anggarkan Rp10 miliar, tapi setelah kita hitung-hitung ulang, anggarannya membengkak hingga Rp23 miliar," jelasnya. 

Bupati menambahkan, nantinya sebanyak 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Mimika. Salah satu yang terbaru adalah cabor Aero Sport. 

"Total daerah penyelenggara ada 4 daerah. Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Kita berharap semua venue yang sementara dibangun ini pada pertengahan 2020 sudah selesai," ungkapnya. 

Untuk diketahui, pelaksana proyek pembangunan GOR Cabor Biliar adalah PT Andhika Surya Era Mitra. Luas bangunan berukuran 2100 meter persegi yang berdiri dilahan seluas 13800 meter persegi. Gedung ini mampu menampung 24 meja Biliar dan 400 kursi penonton. 

Selain itu, terdapat sejumlah fasilitas lainnya seperti, cafe, ruang VIP, ruang atlet dan pelatih serta los untuk menjual merchandise PON. 

Sementara itu cabor Panjat Tebing, akan dibangun di sekitar Mimika Sport Complex. Venue Panjat Tebing ini akan menjadi yang terlengkap dan terbaik se Indonesia Timur sehingga bisa melaksanakan iven berskala dunia.

 

Reporter: Batt
Editor:Misba

 

Kategori:
Bagikan
Berita terkait

Olah Raga

PON XX Papua