Atlet Papua Tanpa TC Jelang PON XXI

Ketum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Humas KONI Papua)
Ketum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Humas KONI Papua)

JAYAPURA | Atlet PON Papua terancam tanpa menjalani pemusatan latihan (TC) menuju pesta olahraga nasional PON XXI di Aceh-Sumatera Utara, lantaran belum adanya kepastian dukungan anggaran dari pemerintah provinsi Papua terhadap persiapan pada iven itu.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya mengungkapkan seharusnya saat ini para atlet Papua sudah masuk dalam program periodisasi latihan, bahkan untuk melaksanakan tryout mematangkan atlet sebelum berlaga pada PON XXI.

“Bulan ini harusnya program periodesasi, memang atlet-atlet kita itu sudah harus masuk dalam penampungan dan TC persiapan menuju PON XXI. Sekaligus direncanakan beberapa bulan masuk tryout ke luar Papua. Namun program ini terancam tidak bisa jalan karena sampai dengan detik belum mendapatkan sebuah kepastian atau nilai anggaran yang diperuntukkan untuk PON,” kata Keniusnkepada awak media usai rapat internal KONI Papua, Minggu (7/4/2024).

Dia harapkan pemerintah dapat menyampaikan secara terbuka perihal dukungan kepastian anggaran kepada KONI Papua untuk mempersiapkan atlet-atlet menuju PON XXI.

“Jadi pemerintah daerah bisa menyampaikan secara terbuka, apakah kemudian pemerintah bisa memfasilitasi atlet dan ofisial bisa ikut PON atau tidak. Karena anak-anak kita ini, jangan sampai mereka mempersiapkan diri dengan harapan besar bisa ikut, tapi tahu-tahunya nanti tidak bisa ikut,” ujarnya.

Selain itu, kedepan pihaknya akan merencakan untuk melakukan pertemuan bersama DPR Papua untuk mendapatkan kejelasan dukungan anggaran yang bisa diberikan untuk persiapan atlet.

“Mungkin habis lebaran nanti kita akan audience dengan DPR untuk kembali diskusikan kira-kira ada pagu anggaran untuk persiapan PON atau tidak. Artinya kita perlu mendapatkan kejelasan dari DPR dan pemerintah daerah soal persiapan kita untuk mengikuti PON,” pungkasnya.

penulis : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *