Bawaslu Mimika Ajak Media Berperan Sebagai Pengawas Partisipatif

Foto bersama Bawaslu Mimika dan awak media dalam sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu serentak 2024. (Foto: Ist)
Foto bersama Bawaslu Mimika dan awak media dalam sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu serentak 2024. (Foto: Ist)

TIMIKA | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mengajak media untuk mensukseskan Pemilihan serentak 2024.

Hal ini tertuang dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan tema
“Peran Media Dalam Mewujudkan Pemilu Serentak 2024 yang Demokratis dan Berintegritas”.

Sosialisasi digelar di Hotel Horison Diana Timika, Sabtu (27/1/2024).

Kordinator Divisi Pecegahan, Partisipatif Masyarakat dan Humas Bawaslu Mimika, Salahudin Renyaan mengatakan, sosialisasi ini rutin dilakukan setiap pelaksanaan tahapan Pemilu.

Sosialisasi bertujuan untuk sinergitas antara Bawaslu dengan media, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 yang tinggal 17 hari lagi.

“Terhadap semua tahapan Pemilu perlu ada sinergitas semua pihak. Karenanya, kami undang media untuk bersinergi. Serta mendapatkan masukan apa yang harus dilakukan oleh Bawaslu terhadap proses Pemilu,” katanya.

Selain itu, sosialisasi ini juga sebagai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Bawasluyang sudah dituangkan dalam Perbawaslu dan wajib dilaksanakan.

Walaupun dalam pelaksanaan pengawasan ada ditangan Bawaslu jajaran. Namun perlu dukungan dan kerjasama dari semua pihak, khususnya insan pers. Apalagi Bawaslu RI sudah melakukan MoU dengan Dewan Pers dalam hal pelaksanaan pengawasan partisipatif.

“Melalui sosialisasi ini, saya selaku Komisioner Bawaslu, mengajak seluruh insan pers di Mimika ikut serta dalam pengawasan Pemilu. Sehingga pelaksanaan pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar dan aman,” ungkapnya.

Pada sosialisasi Bawaslu Mimika menghadirkan 2 narasumber, yakni dari penggiat politik dan akademisi.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *