Bawaslu Nabire Siapkan 480 Petugas Pengawas TPS

Bimtek yang digelar Bawaslu Nabire
Suasana Bimtek yang digelar Bawaslu Nabire.Foto: Chirstian Degey

NABIRE | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nabire, Papua Tengah, menyiapkan 480 petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu 2024 yang dilangsungkan 14 Februari.

Ratusan petugas PTPS ini akan disebar di 480 TPS pada 81 kampung di 15 distrik.

Selasa, (6/2/2024) petugas PTPS mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Aula Bethesda, Nabire.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nabire Gian Mario Kapissa mengatakan, Bimtek dilaksanakan guna mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar petugas PTPS mampu melaksanakan tugas dengan baik saat pelaksaan Pemilu nanti.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana mengembangkan Sumber Daya Manusia agar teman-teman pengawas dilapangan nanti mampu melihat pelanggaran-pelanggaran yang terjadi kebawa,” kata Kapissa.

Menurutnya, petugas PTPS diberikan beberapa materi mengenai regulasi dan peraturan perundang-undangan.

Termasuk cara menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pengawasan Pemilu, dan penyelesain sengketa cepat di TPS ketika terjadi dugaan pelanggaran.

Ia pun berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti Bimtek dengan baik.

“Hasilnya adalah pengawasan ditingkat bawah itu akan mencegah berbagai macam hal-hal pelanggaran yang dilakukan sehingga para peserta harus mengikuti Bimtek dengan baik,” harap dia.

penulis : Christian Degei
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *