Berkunjung ke Asmat, Mensos Risma Serahkan Bantuan Senilai Rp9,2 Miliar

KUNJUNGAN KERJA | Mensos Risma saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat, Kamis (24/3/2021). (Foto: Fagi Difinubun/ Seputarpapua)
KUNJUNGAN KERJA | Mensos Risma saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat, Kamis (24/3/2021). (Foto: Fagi Difinubun/ Seputarpapua)

ASMAT | Menteri Sosial RI Tri Rismaharini untuk kedua kalinya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat, Papua, dan menyerahkan bantuan senilai Rp9,2 miliar, Kamis (24/3/2022).

Sebelumnya, pada November 2021, mantan Wali Kota Surabaya ini juga melakukan kunjungan kerja di kabupaten dengan julukan kota di atas lumpur.

Dalam kunjungannya kali ini, Risma sapaan akrabnya didampingi Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wakil Bupati Thomas E. Safanpo, Sekda Bartholomeus Bokoropces, kepala OPD, jajaran Forkompinda, serta undangan terkait.

Kampung Erosaman dan Amegais di Distrik Der Komour, serta Kota Agats menjadi titik kunjungan Risma.

Di Kampung Erosaman dan Amegais, Risma meresmikan budidaya pertanian dan perikanan, serta menyerahkan bantuan berupa benih sayur, bibit buah, dan bibit ikan lele.

Khusus di Kampung Amegais, Risma meninjau usaha Kios Sembako.

Sementara di Kota Agats yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Asmat, Risma melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah serta pihak Keuskupan dan pengurus Masjid An-Nur.

Sekaligus menyerahkan bantuan berupa satu unit mesin desalinasi air, satu paket solar cell, budidaya ternak ayam petelur, benih sayur, bibit buah, bibit ikan lele, budidaya pertanian dan perikanan.

Adapun nilai anggaran dirincikan untuk bantuan tersebut diantaranya, untuk Pemerintah Kabupaten Asmat Rp1.301.340.000, Keuskupan Agats Rp7.616.560.000, dan pengurus Masjid An-Nur Rp945.580.000.

Mensos Risma menyebut, kehadirannya untuk memperkuat dan mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dasar, layanan sosial dasar dan penghidupan berkelanjutan bagi masyarakat.

Progres pemenuhan kebutuhan dasar khusus di Asmat ada peningkatan khususnya di Kampung Erosaman dan Amegais.
“Kita akan membangunĀ  jalan dan juga fasilitasi pendidikan PAUD dan pengajar khusus untuk kampung Erosaman dan Amegais,” kata Risma.

Kedepan, bantuan longboat juga akan diberikan kepada masyarakat enam kampung di Distrik Der Komour.

“Saya bertanya kepada warga, apa yang dibutuhkan, mereka minta Longboat (Viber), kita akan bantu nantinya dikawal Dinas Sosial Asmat,” pungkas Risma.

penulis : Faqi Difinubun
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *