Bupati Elisa Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Seluruh Pelosok Tanah Asmat

Bupati Asmat Elisa Kambu memimpin rapat koordinasi kamtibmas di Aula Polres Asmat, Rabu (3/8/2022). (Foto: Fagi/Seputarpapua)
Bupati Asmat Elisa Kambu memimpin rapat koordinasi kamtibmas di Aula Polres Asmat, Rabu (3/8/2022). (Foto: Fagi/Seputarpapua)

ASMAT | Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu mengajak seluruh masyarakatnya menjaga Kamtibmas diseluruh pelosok Tanah Asmat, Papua Selatan.

Hal ini disampaikan Bupati Elisa saat melangsungkan rapat koordinasi kamtibmas bersama Polres Asmat, jajaran TNI, serta Forkopimda lainnya di Aula Polres Asmat, Rabu (3/8/2022).

Dalam rapat itu, Bupati didampingi Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi bersama Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno.

“Hari ini kami bisa bertemu dan bercerita banyak, terutama terkait memaksimalkan Kamtibmas bersama jajaran Polri dan TNI di Asmat,” ujar Bupati Elisa Kambu.

Ia mengatakan, daerah yang dipimpinnya bisa aman dan kondusif bukan hanya menjadi tugas dari TNI dan Polri, melainkan semua orang yang ada di Tanah Asmat.

“Maka itu, kita satukan hati sehingga kita tidak cepat terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, yang berniat menganggu sesama anak bangsa di tanah ini,” ajak Bupati.

Polri dan TNI juga diharapkan menjaga masyarakat Asmat dari isu-isu provakatif yang akhirnya dapat menimbulkan konflik dan korban di masyarakat.

“Maka itu harus kita kawal betul dan waspada sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” ucap Bupati.

Apalagi, kata Bupati, kini sudah memasuki bulan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 77 tahun, sehingga menurutnya situasi Kamtibmas perlu dijaga dengan baik.

“Dihari kemerdekaan nanti kita harus kawal bersama-sesama. Asmat harus bersih dari isu-isu hoaks yang beredar di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Di kesempatan itu, Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi menyatakan bahwa saat ini situasi Kamtibmas di Kabupaten Asmat masih kondusif.

Meski begitu, Kapolres berharap semua pihak tetap waspada, lantaran beberapa minggu yang lalu terdapat gangguan keamanan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Korowai.

“Daerah penembakan juga sangat dekat dengan wilayah kita di Kabupaten Asmat, yakni berada di Korowai,” terangnya.

Karena itu, Ia mengatakan Polri dan TNI di Asmat akan tetap mengawal kamtibmas demi menjaga kondisi-kondisi yang sewaktu-waktu dapat menganggu stabilitas keamanan di wilayah hukumnya.

Bahkan pihaknya bersama jajaran TNI yang ada di Asmat akan melaksanakan patroli keliling di kota Agats agar menciptakan situasi tetap aman.

“Akan dilakukan hal yang sama oleh Polri dan TNI yang berada di ibu kota distrik dan kampung setempat di Asmat,” katanya.

Wilayah Kabupaten Asmat merupakan daerah yang terdiri dari 90 persen perairan. Karena itu, diperlukan antisipasi atau kewaspadaan sejak dini.

“Kita juga akan memantau segala aktivitas orang-orang yang masuk di wilayah Kabupaten Asmat,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Faqi Difinubun
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.