Dinas Perkebunan Mimika Bina Petani Hingga Hadirkan Rumah Kopi Amuro

Suasana Grand Opening Rumah Kopi Amuro 'Ada Untuk Mimika'. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Suasana Grand Opening Rumah Kopi Amuro 'Ada Untuk Mimika'. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan terus mengembangkan produksi kopi.

Hari ini, Kamis (2/3/2023), Dinas Perkebunan resmi menghadirkan rumah kopi Amungme Kamoro (Amuro) yang beralamat di Jalan Cenderawasih.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika, Alice Wanma menjelaskan, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan di Tanah Amungsa, Mimika.

Produksi kopi di Mimika tahun 2022 diketahui sekitar 6 ton. Sedangkan tahun 2023 ini sementara digodok agar produksinya semakin meningkat dengan luas area penanaman kopi 261,5 hektar yang ditanami dua jenis kopi, yaitu Robusta dan Arabika.

Jenis robusta hanya ditanami didaratan rendah yang berada di 9 distrik
dan 18 kampung, diantaranya Nayaro di Distrik Mimika Baru, Mware di Mimika Timur, Mekurima dan Tunas Matoa di Kwamki Narama, Bhinntuka di Kuala Kencana, Limau Asri dan Naena Muktipura di Iwaka, Kiyura Gunung di Mimika Barat, Aramsolki, Kiliarma dan Amungun di Agimuga, Kamapri dan Noema di Distrik Jita.

Sedangkan jenis arabika ditanam didataran tinggi yaitu di 14 kampung yang ada di 4 distrik. Lokasi tersebut ada di Kampung Bebilawaj, Dolilingogin, Beane, Jongkogoma, Akuarama, dan Banti di Distrik Tembagapura. Kampung Jawa dan Puti di Distrik Hoeya, Dilos di Jila, Alama dan Bela di Distrik Alama.

Dalam budidaya tanaman kopi, Pemkab Mimika bekerjasama dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Social Local Departement (SLD) dalam bidang perkebunan, yaitu dengan pendampingan teknis atau penyediaan benih unggul penanaman pasca panen.

Kemudian melakukan pembinaan dan
pengawasan usaha budidaya kopi robusta dan arabika didataran tinggi dan dataran rendah Mimika.

Alice mengatakan kopi sudah merupakan gaya hidup yang diminati generasi muda atau para pencintanya, di mana hal ini terbukti dengan maraknya kedai-kedai kopi yang tersebar didalam maupun pinggiran kota Timika.

“Sehingga untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kopi Amuro yang kita cintai, kami merasa perlu mempromosikan melalui Rumah Kopi Amuro ‘ada untuk Mimika dihari ini’,” katanya.

Alice berharap dengan dibukanya Rumah Kopi Amuro dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat yang menanam kopi maupun pencinta kopi Amuro.

Rumah Kopi Amuro menghadirkan berbagai menu kopi pilihan yang bisa menemani masyarakat Mimika yang sekadar bersantai untuk menikmati kopi. Rumah kopi ini diresmikan oleh Asisten III Setda Mimika, Hendritte Tandiono.

Hendritte dalam sambutannya mengatakan, Grand Opening Rumah Kopi Amuro menjadikan kemajuan UMKM di Mimika semakin kedepan.

Ia berharap usaha ini bisa terus berkembang dan mampu menjawab kebutuhan pasar bahkan hingga ke luar negeri.

“Kami sangat memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Perkebunan yang sudah membina petani dan UMKM untuk memajukan usaha di Mimika, juga kita bisa terus berkolaborasi dengan Freeport juga KADIN, agar kopi ini bisa terus maju dan berkembang,” pungkasnya.

 

penulis : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *