Diskominfo Mimika Sosialisasi dan Deklarasi Keterbukaan Informasi Publik

Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob saat memberikan sambutan, Senin (7/11/2022). (Foto: Arifin/Seputarpapua)
Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob saat memberikan sambutan, Senin (7/11/2022). (Foto: Arifin/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika mengadakan sosialisasi dan deklarasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Mozza, Senin (7/11/2022), di hadiri sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Mimika (Pemda) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung pemerintah pusat mewujudkan good covernance hingga ke lingkup pemerintah daerah guna mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik lewat layanan aduan masyarakat baik secara manual maupun secara online.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Papua, Wilhelmus Pigai dalam sambutannya menyampaikan, langkah yang dilakukan pemerintah Kabupaten Mimika ini sudah sangat tepat, dimana di era transparansi ini, pemerintah wajib melaksanakan UU Nomor 14 tahun 2008.

Pertama tentang setiap badan Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik. Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas. Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana.

“Saya sangat mengapresiasi pemerintah daerah Kabupaten Mimika yang telah berkomitmen untuk mendorong pelayanan keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini,” jelas Wilhelmus.

Ia berharap, kegiatan hari ini akan menghasilkan hasil yang baik, agar sosialisasi informasi dan dokumentasi bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar pemerintah dapat mewujudkan keterbukaan informasi publik yang baik kepada masyarakat.

“Dengan lahirnya UU 14 tahun 2018 tentang keterbukaan infomasi publik dapat memberikan dampak terhadap sistem managemen dan tata kelola pemerintah yang baik Kabupaten Mimika,” kata Jon.

Ia berharap, agar semua OPD dapat bekerja dengan baik, akuntabel, transparan dan masyarakat harus tau apa yang pemerintah buat.

“Hal ini dapat dipandang serius dan dilaksanakan dengan baik sehingga keterbukaan informasi publik dapat terwujud,” tutupnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Arifin Lolialang
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.