Disparbudpora Tegaskan Komitmen Rehab Stadion Wania Imipi

Disparbudpora Tegaskan Komitmen Rehab Stadion Wania Imipi
Kepala Disparbudpora Mimika Jacob Toisuta saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Mimika, Senin (20/11/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika berkomitmen untuk melakukan perbaikan fasilitas stadion Wania Imipi di Kelurahan Kamoro Jaya (SP 1), Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah guna mempersiapkan stadion itu menjadi tuan rumah Liga 3.

Hal itu disampaikan Kepala Disparbudpora Jacob Jantje Toisuta saat ditemui wartawan di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (20/11/2023).

Pernyataan Jacob tersebut menyusul hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim assessment stadion dari PSSI.

Advertisements

“Mereka (tim) melakukan assessment di lapangan-langan yang ada di Mimika, hasilnya stadion SP 1 mereka minta beberapa item untuk diperbaiki contoh kamar ganti wasit ada kamar mandinya di dalam,” terangnya.

Ditanya soal akses pemain yang sempat disinggung tim assessment, karena tergabung dengan masyarakat umum, Jacob membantah hal itu.

“Untuk akses wasit dan perangkat pertandingan, khusus di pintu tengah, kalau untuk pemain nanti lewat pintu samping ada kayak gudang disitu, di bagian sayap (gedung), jadi pemain lewat situ, bus turun langsung masuk ruangan (ganti),” paparnya.

Jacob menerangkan khusus untuk evakuasi jika ada keadaan darurat, terdapat dua di bagian sayap gedung.

“Ada empat pintu juga untuk penonton yang mau masuk ke tribun juga,” ujarnya.

Jacob juga menjelaskan soal rumput di stadion Wania yang menurutnya sudah sesuai standar lapangan sepakbola.

Sedangkan lapangan pendukung lainnya juga disiapkan oleh Disparbudpora seperti di SP 4, Kwamki Narama, dan SP 3.

Advertisements

“Itu (lapangan pendukung) saya siapkan untuk tahun depan, kita akan tingkatkan,” tuturnya.

Terkait soal dukungan ruangan broadcasting yang juga disoroti oleh tim assessment, Jacob menekankan hal itu juga akan disediakan oleh pihaknya selaku tuan rumah.

Advertisements

Jacob pun menegaskan untuk persiapan menggelar Liga 3, pihaknya selaku pemerintah akan bekerjasama dengan KONI Papua Tengah dan Askab Mimika.

“Kita ingin agar tahun depan Liga 3 di Mimika, tapi kita tidak boleh diam, sesekali kita adakan di kabupaten,” katanya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *