DPO Polres Puncak Warinus Murib Tewas Dalam Kontak Tembak

Aparat gabungan TNI Polri saat membawa jenazah anggota KKB ke Puskesmas Ilaga. (Foto: Satgas Damai Cartenz)
Aparat gabungan TNI Polri saat membawa jenazah anggota KKB ke Puskesmas Ilaga. (Foto: Satgas Damai Cartenz)

JAYAPURA | Satu anggota KKB tewas dan dua orang lainnya ditangkap dalam penegakan hukum yang dilakukan oleh personel gabungan TNI-Polri di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Sabtu 3 Februari 2024.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, menjelaskan, penegakan hukum ini dilakukan ketika personel gabungan TNI-Polri yang sementara melakukan patroli diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kepala Air pimpinan Jacky Murib.

Personel gabungan TNI-Polri yang diserang kemudian melakukan perlawanan sehingga terjadi kontak tembak dengan KKB.

“Kami mendapat laporan bahwa Puskesmas Omukia dibakar, sehingga personel kami kesana untuk mengecek informasi itu. Namun saat tiba, anggota kami ditembaki dari belakang Puskesmas Omukia sehingga terjadi kontak tembak antara personel TNI-Polri dengan kelompok KKB wilayah Kepala Air,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima pada Minggu (4/2/2024) siang.

Dalam kontak tembak yang terjadi, personel gabungan TNI-Polri berhasil menembak mati satu anggota KKB dan menangkap dua orang lainnya.

“Dalam penegakan hukum yang dilakukan anggota berhasil melumpuhkan tiga anggota KKB. Salah satunya adalah DPO Polres Puncak atas nama Warinus Murib. Sedangkan dua orang lainnya, AM dan DK, diduga merupakan anggota KKB kelompok Numbuk Telenggen,” kata AKBP Bayu.

Selain melumpuhkan tiga anggota KKB, personel gabungan TNI-Polri juga turut menyita sejumlah barang bukti dari ketiga anggota KKB.

“Ada sejumlah barang bukti yang diamankan, diantaranya, satu pucuk senjata api jenis mouser, dua pucuk senapan angin, satu lembar bendera bintangkejora, satu buah handphone, satu magazen jenis SS1 dan 17 butir amunusi kaliber 5,56 mm,” bebernya.

Lanjut AKBP Bayu, pasca penegakan hukum itu, KKB kembali melakukan aksi dengan membakar gedung Puskesmas di Erobaga.

“Kami akan terus melakukan pengejaran terhadap KKB di Ilaga yang selama ini melakukan gangguan kamtibmas berupa pembakaran puskesmas dan lain-lain,” tegasnya.

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *