Hadiri HUT Pekabaran Injil, Pj Gubernur Papua Tengah Berikan Bantuan Rp. 1 Miliar

Penjabata (Pj) Gubernur Papua Tengah, Ribak Haluk memberikan Rp 1 Miliar secara simbolis kepada pimpinan gereja setempat (Foto: Humas Pemprov Papua Tengah)
Penjabata (Pj) Gubernur Papua Tengah, Ribak Haluk memberikan Rp 1 Miliar secara simbolis kepada pimpinan gereja setempat (Foto: Humas Pemprov Papua Tengah)

NABIRE | Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk menghadiri ibadah syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gereja Kemah Injil di Tanah Papua yang ke 169 tahun atau yang dikenal hari Pekabaran Injil di Pulau Mansinam, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (5/2/2024).

Dalam momentum itu, Pj Gubernur Papua Tengah, Tibka Haluk memberikan bantuan sebesar Rp 1 miliar dan satu unit Speedboat.

Ribka Haluk dalam keterangannya, Selasa (6/2/2024) mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud dukungan dalam memperbaiki situs pekabaran injil yang memiliki nilai historis dan religius yang tinggi bagi masyarakat di Tanah Papua.

“Ini merupakan sebuah kebahagiaan dan kehormatan untuk kami. Perayaan HUT Pekabaran Injil ke-169 di Tanah Papua merupakan momen kebangkitan masyarakat Papua melalui injil yang diperkenalkan oleh Ottow dan Geissler pada tahun 1855,” terangnya.

Meskipun tidak memiliki kekayaan material yang melimpah, Pj Gubernur menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan atas jiwa-jiwa yang rela memberikan nyawa untuk keselamatan orang Papua.

“Tidak ada emas dan perak yang ada pada kami, tidak ada harta benda yang terindah, hanya ucapan syukur yang bisa kami naikkan kepada Tuhan, karena jiwa-jiwa yang rela mati ditanah ini dan mempersembahkan nyawa untuk keselamatan orang Papua,” tegasnya.

Selain itu, Pj Gubernur juga menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan oleh masyarakat Papua, termasuk Papua Tengah dalam melaksanakan ajaran injil. Ia berkomitmen untuk mengintropeksi pekerjaan yang telah dilakukan dan berusaha memperbaiki kesalahan yang terjadi.

“Tentu hari ini kami bangga , buah dari pada pemberitaan injil, banyak diantara kami yang bersekolah tinggi, menjadi pejabat dan memiliki kekayaan yang luar biasa. Ini semua kami peroleh berkat injil Tuhan,” tutur Ribka Haluk.

Pj Gubernur juga menekankan pentingnya menghormati ibu dan perempuan Papua di atas tanah ini. Ia menyebutkaan saat ini di Provinsi Papua Tengah telah dikaderkannya perempuan sebagai Penjabat Bupati Paniai dan tersapat 3 perempuan menduduki jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yaitu Sekda Dogiyai, Puncak Jaya dan Mimika. Ini merupakan contoh kontribusi perempuan dalam memimpin dan membangun tanah ini.

“Kalau sarah adalah perempuan pertama yang dibaptis dari hasil injil itu dan hari ini ada Ribka Haluk dan akan Ribka-ribka lain akan muncul di negeri ini. Saya juga mengaminkan kutipan kata dari Wakil Ketua Sinode dalam Firman Tuhan Afesus Pasal 6 hormatilah Ayahmu dan Ibumu,” katanya.

“Jadi kalau kita banyak menghormati ayah, hari ini juga Tuhan mengajarkan kita untuk menghormati ibu dan perempuan-perempuan Papua diatas tanah ini, karena mereka juga bersama-sama memberikan kontribusi untuk tanah ini,” tegas Ribka Haluk.

Terakhir ia menyampaikan dengan bantuan yang diberikan dan semangat penghormatan terhadap ajaran injil, situs pekabaran injil di Pulau Mansinam dapat diperbaiki dan menjadi tempat yang lebih baik bagi masyarakat Papua dan wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan nilai-nilai agama di Papua. Sementara itu 1 unit Speedboad bisa digunakan untuk penginjilan di wilayah pesisir Pulau Mansinam.

“Semoga perayaan ini menjadi momentum yang memperkuat persatuan dan kebersamaan umat Kristen di Tanah Papua serta memperkuat nilai-nilai ajaran injil di tengah masyarakat Papua yang kian maju dan berkembang,” jelasnya.

penulis : Christian Degei
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *