Hanya 2 Pemain Papua Terpilih Masuk Timnas U-19 AFF Women’s Championship

Skuad Timnas U-19 Indonesia. (Foto: PSSI)
Skuad Timnas U-19 Indonesia. (Foto: PSSI)

JAYAPURA | Pelatih kepala tim U-19 wanita, Rudy Eka Priyambada memilih 23 pemain yang didaftarkan untuk mengarungi turnamen AFF U-19 Women’s Championship 2023 di Palembang, Sumatera Selatan dari tanggal 5-15 Juli 2023.

Sebelumnya, Rudy Eka memanggil 30 pemain ke dalam timnya, termasuk ada sebanyak empat pemain dari Papua, yakni Amelia Rode Heselo, Ina Paulanda Wetipo, Liza Armanita Madjar dan Rana Wandik. Namun, hanya terpilih dua pemain dari 23 pemain yang akan didaftarkan. Kedua pemain tersebut yakni Amelia Rode Heselo dan Rana Wandik.

Garuda Pertiwi Muda dalam menjalani satu minggu pemusatan latihan di Palembang, juga sudah mengadakan tiga kali uji coba, dimana ketiganya dilalui dengan kemenangan. Dua kali melawan tim pria dari Farmel Hatta dikalahkan 1-0, lalu menang atas tim putra PUSRI dengan skor 2-1, dan yang terakhir adalah lesakan tujuh gol ke gawang tim putri Pra PON Lampung.

“Persiapan kami satu minggu ini juga menyeleksi pemain, dari 30, kini 23 pemain. Saya kira pemain-pemain ini yang terpilih karena mereka sudah kita ambil dari dua atau tiga tahun yang lalu, mereka juga sudah mencicipi jam terbang di tim senior. Kita lihat, dari uji coba melawan tim pria, kita bisa menang, dan juga melawan tim wanita. Kita ingin melihat mentalitas mereka dalam bermain,” ungkap Rudy Eka dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (4/7/2023).

“Kita optimis di kejuaraan nanti bisa bermain dengan baik saat melawan Timor Leste,” lanjutnya.

Melihat potensi lawan di Grup A, Rudy Eka mengatakan dari tim yang ada, hanya pernah bertemu dalam satu laga melawan Kamboja.

“Timor Leste dan Laos saya belum pernah bertemu. Saat lawan Kamboja, kita bisa mencetak gol di menit-menit akhir, tetapi semua tim saya kira kekuatannya rata, karena sepakbola di Asia Tenggara tumbuh kembang di sepakbola wanitanya, semua tim sama, kita fokus di 90 menit laga pertama melawan Timor Leste,” jelasnya.

Melawan Timor Leste, Rudy Eka menegaskan timnya sudah siap. “Dari 30 pemain ke 23 pemain, yang jelas, kami siap. Di latihan terakhir sebelum melawan Timor Leste, kami akan mempertajam set piece, antisipasi bola-bola jauh lawan, kita harus berani pressing lebih awal, karena kita main di kandang, sekiranya kita bisa mencetak gol lebih awal,” tutupnya.

Untuk diketahui, 23 pemain tersebut yakni, Kiper; Fani Supriyanto, Shesilia Putri, Gadhiza Asnanza. Belakang; Amelia Heselo, Azra Zifa Kayla, Ellen Tria Ferlika, Gea Yumanda, Nastasia Suci, Penila Arindong. Tengah; Armelia Sava, Ayunda Anggraini, Helsya Maeisyaroh, Rana Wandik, Sheva Imut, Siti Retno Sari, Zaira Kusuma, Zalfa Wiguna. Depan; Armita Oktaviani, Aulia Al Mabruroh, Claudia Scheunemann, Marsela Awi, Mayzura Yusuf, Jasmine Cahyono.

penulis : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *