Hingga Juni 2022, BPJS Ketenagakerjaan Mimika Bayar Klaim Rp156 Miliar Lebih

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry K. Boekan. (Foto: Ist)
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Verry K. Boekan. (Foto: Ist)

TIMIKA | BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mimika, Papua Tengah mulai 1 Januari sampai Juni 2022 telah membayar klaim peserta sebesar Rp156 miliar lebih.

Hal ini diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Verry K. Boekan dalam rilis yang diterima, Kamis (28/6/2022).

Klaim yang dibayarkan terdiri dari total jumlah 6.593 orang. Adapun klaim tersebut terdiri Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Jaminan Kematian (JKM) dan klaim Jaminan Pensiun (JP).

“BPJS Ketenagakerjaan cabang Papua Mimika, mulai dari 1 Januari hingga 30 Juni 2022 telah membayarkan klaim jaminan kepada 6.593 orang dengan jumlah pembayaran Rp 156,054,128,010,” kata Verry.

Verry juga merincikan klaim tersebut diantaranya 6.375 pembayaran JHT, pembayaran JKK 34 orang, JKM 89 orang dan JP 95 orang.

Di tahun 2021 lalu selama enam bulan pertama atau Januari sampai Juni, BPJS Ketenagakerjaan membayar klaim 5.794 orang sebesar Rp128 miliar lebih.

“Kalau dilihat dari total, ini ada kenaikan dari tahun sebelumnya dibanding sekarang pada periode yang sama, pembayaran klaim mengalami kenaikan sebesar 22 persen,” ujarnya.

Verry menambahkan, pekerja yang mengajukan klaim tidak hanya dari kabupaten Mimika namun juga dari luar Mimika yang mengajukan klaim secara online.

“Sebagian dari peserta yang mengajukan klaim dilakukan secara online dari wilayah pulau Bali dan Pulau Jawa. Di masa pandemi Covid 19 ini, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada seluruh pekerja yang mengalami PHK dan risiko-risiko sosial” tambah Verry.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.