Hujan dan Petir, BMKG: Ada Pengumpulan Masa Udara menuju Mimika

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika menyebut, hujan lebat beserta petir yang terjadi hari ini, Selasa (28/11/2023) dikarenakan adanya pengumpulan masa udara dari beberapa wilayah menuju Mimika, Papua Tengah sehingga berpotensi terjadinya cuaca buruk berupa hujan dan petir.

Prakirawan cuaca BMKG yang bertugas Fitria Nur Fadlilah mengatakan, berdasarkan pantauan, kemungkinan kondisi hujan lebat akan terjadi dalam dua hari ini.

“Untuk hari ini saja hujannya deras, untuk hari berikutnya tetap ada potensi hujan, tapi tidak sederas hari ini,” ujarnya saat dihubungi seputarpapua.com, Selasa.

Ditanya apakah hujan hari ini pertanda Mimika telah memasuki musim penghujan, Fitria memaparkan iklim di Mimika normalnya hujan sepanjang tahun, namun mulai April 2023 hingga saat ini Mimika terdampak El-Nino sehingga hujan berkurang signifikan, sehingga terasa kering.

“Namun saat ini el-nino sudah melemah sehingga potensi hujan mulai ada, tapi belum banyak seperti kondisi normalnya,” tutupnya.

Sementara dilansir dari situs resmi BMKG, khusus Mimika pada 28 November 2023 pukul 07.30 WIT diprakirakan Mimika berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir pada pukul 09.00 WIT di wilayah Distrik Wania, Distrik Mimika Timur, Distrik Mimika Timur Jauh, Distrik Mimika Tengah, dan sekitarnya.

Hujan pun diprakirakan dapat meluas ke
Distrik Mimika Baru, Distrik Kwamki Narama, Distrik Iwaka, Distrik Kuala Kencana, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10.30 WIT.

 

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *