KKB Bakar Perumahan Tenaga Kesehatan di Ilaga, 1 KKB Dilaporkan Tertembak

Aparat keamanan memadamkan api di perumahan Nakes yang dibakar KKB. (Foto: Ist)
Aparat keamanan memadamkan api di perumahan Nakes yang dibakar KKB. (Foto: Ist)

TIMIKA | Aparat menembak dua orang yang diduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau pihak TNI menyebut Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP).

Dua anggota KKB tertembak saat terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan, usai KKB membakar perumahan tenaga kesehatan (Nakes) di Kompleks RSUD, Kampung Kibogolome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada Senin 11 September 2023.

Menurut keterangan tertulis yang diterima media ini pada Kamis (14/9/2023) dari Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi GN. Suriastawa aksi pembakaran bangunan Perumahan Nakes RSUD Ilaga diduga dilakukan oleh KSTP Puncak (Wil. Kepala Air). Pun begitu bangunan yang dibakar tersebut belum digunakan dan dalam masih keadaan kosong.

Advertisements

“Ya benar kejadian tersebut (Pembakaran rumah Nakes dan kontak tembak), dari Satgas Bais wilayah Ilaga memberikan informasi bahwa adanya satu korban KSTP yang tewas,” ujarnya.

Kolonel Czi GN. Suriastawa menyebutkan tindakan KSTP telah diantisipasi oleh Patroli Gabungan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/BJW dan Satgas Elang Wilayah Ilaga.

Menurut pantauan satgas ada 2 orang kelompok KSTP berada di belakang rumah Nakes yang terbakar, Satgas pun melakukan penindakan pengamanan dengan melakukan tembakan terhadap dua orang kelompok KSTP tersebut, tetapi kedua orang tersebut dapat melarikan diri kearah Kampung Kepala Air.

Suriastawa menerangkan sebelum terjadi pembakaran perumahan Nakes dan kontak tembak dengan KSTP, pada saat Patroli Gabungan Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/Bjw dengan Satgas Elang wilayah Ilaga terpantau di Tower Telkomsel, Kampung Nipuralome, Distrik Ilaga 2 orang kelompok KSTP dengan membawa 2 pucuk senjata selanjutnya dilakukan pengejaran ke arah Kampung Arumaga.

Pada saat melaksanakan penyisiran di sekitaran rumah, honai dan gereja di Kp. Arumaga, Praka Lutfi Sniper 300/Bjw melihat 3 orang KSTP dengan membawa 2 pucuk laras panjang berlari ke atas ketinggian, maka dilakukan tembakan peringatan, namun kelompok KST malah membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak, dari hasil pantauan Drone diketahui 1 orang KSTP terjatuh dan diseret oleh temannya ke lembah.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan