KPU Mimika Gelar Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Perhitungan Hasil Perolehan Suara Pemilu

Suasana pembukaan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi dan penetapan perhitungan hasil perolehan suara Pemilu tahun 2024 yang digelar KPU Mimika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Suasana pembukaan Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi dan penetapan perhitungan hasil perolehan suara Pemilu tahun 2024 yang digelar KPU Mimika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Papua Tengah menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Perhitungan Hasil Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Mimika.

Kegiatan Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Perhitungan Hasil Perolehan Suara Pemilu dipusatkan di salah satu hotel, di Jalan Budi Utomo, Mimika, Papua Tengah, Selasa (27/2/2024).

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau mengatakan, tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 sudah berjalan sejak pendaftaran hingga saat ini. Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor tahun 2024 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum.

“Dari dasar itu, KPU Mimika melaksanakan rapat pleno terbuka sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, di tingkat KPPS, kemudian rekapitulasi tingkat PPD,” katanya.

Kata dia, untuk rapat pleno yang baru dibuka, akan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil. Dimana sudah ada berapa PPD yang selesai melakukan rekapitulasi.

Menurut informasi sudah ada 12 PPD yang selesai melakukan rekapitulasi. Kebanyakan merupakan PPD di wilayah pesisir pantai dan pegunungan. Sementara 6 distrik masih belum selesai.

“6 distrik yang belum selesai, seperti PPD Mimika Baru, Iwaka, Kwamki Narama, Kuala Kencana, Tembagapura, Wania,” tuturnya.

Ia menambahkan, dari semua pelaksanaan tahapan Pemilu, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat yang telah ikut berkontribusi memelihara kamtibmas dan menyukseskan pesta rakyat ini.

“Terimakasih atas dukungan dari pemerintah daerah yang sudah meminjamkan Gedung Eme Neme Yauware dalam pelaksanaan pendistribusian logistik dan rekapitulasi perolehan suara. Begitu juga dengan aparat kemanan, sehingga semua berjalan dengan baik dan aman,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *