Kualitas Jaringan di Mimika Menurun, Telkom: Degradasi 12 Jam

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Masyarakat Kabupaten Mimika saat ini merasakan adanya penurunan kapasitas (degradasi) jaringan internet dan telepon, baik itu IndiHome maupun data sekuler.

Penurunan kualitas jaringan diakibatkan adanya penyambungan dan perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut Sulawesi Maluku Papua, Cable System Ruas Sorong – Merauke pada jarak 625 km dari Merauke di kedalaman 40 meter.

“Kapal khusus perbaikan SKKL Dnex Pacific Link telah menuju titik gangguan baru tersebut, untuk selanjutnya dilakukan perbaikan,” kata General Manager Wilayah Telkom Papua, Antonius Joko Sritomo melalui siaran pers yang diterima media ini, Sabtu (3/2/2024).

Kata dia, saat proses penyambungan kabel, berpotensi menyebabkan penurunan kualitas layanan TelkomGroup, baik suara maupun data internet di area Timika, Kaimana, dan Dobo.

Sementara itu beredar informasi di media sosial bahwa akan terjadi degradasi layanan (kelambatan) selama kurang lebih 12 jam pada hari Minggu (4/2/2024), yang berdampak pada layanan Indihome dan Telkomsel di seluruh wilayah Timika. Hal ini dikarenakan adanya perbaikan kabel bawah laut segmen Timika-Merauke yang mengharuskan mereka untuk mematikan aliran listrik ke seluruh sistem kabel bawah laut. Sayangnya tidak ada informasi mengenai waktu yang pasti karena tergantung pada kondisi laut. Lokasi perbaikan kabel berjarak 620 km dari Merauke, lebih dekat ke perairan Timika.

Sementara Kepala Daerah Telkom Timika, Jangkir Simbiak membenarkan adanya informasi yang beredar di masyarakat melalui media sosial.

“Betul Pak,” katanya.

Sementara apakah ada kompensasi terhadap pelanggan, karena adanya gangguan jaringan. “Kalau terkait hal tersebut (kompensasi), kami menunggu petunjuk dari para pengambil kebijakan, tutur Jangkir.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Ruben iyai

    Jadi selanjutnya bagi mana

    Balas
Sudah ditampilkan semua