seputarpapua.com

Listrik Masih Sering Padam? Ini Penjelasan PLN UP3 Timika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
LISTRIK | Petugas PLN menarik kabel listrik di Jalan Hasanudin, Timika. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)
LISTRIK | Petugas PLN menarik kabel listrik di Jalan Hasanudin, Timika. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)

TIMIKA | PLN UP3 Timika, Kabupaten Mimika, Papua hingga kini masih sering melakukan pemadaman listrik di wilayah itu.

Pemadaman biasanya dilakukan secara bergilir di beberapa wilayah kota mulai pagi jam 08.00 WIT hingga sore hari pukul 15.00.

Manajer PLN UP3 Timika, Martinus Pasensi mengungkapkan alasan mengapa pihaknya masih sering melakukan pemadaman bergilir.

Kata dia, saat ini pihaknya tengah melakukan sejumlah target kerja yang harus diselesaikan untuk mendukung pelaksanaan PON XX di Mimika bulan Oktober mendatang.

“Nah beberapa kegiatan itu salah satunya adalah diantaranya adalah rehab jaringan. Terus kemudian ada mutasi trafo,” katanya di Timika, Rabu (14/4/2021).

Martinus menjelaskan, untuk mutasi trafo dilakukan karena ada beberapa peralatan trafo yang harus diganti karena secara pengukuran sudah hampir over load.

“Artinya kalu kita tidak segera ganti maka akan meledak atau rusak di waktu yang kita tidak bisa tahu. Katakanlah bisa malam, bisa sore dan kalau malam itu akan lama,”

Selain itu, juga dilakukan penyeimbangan beban, rehab gardu hingga uprating atau peningkatan daya transformator.

“Nah beberapa kegiatan ini pertama untuk mempertahankan material tetap andal, terus beberapa pekerjaan untuk mendukung PON. Jadi memang harus kita selesaikan sebelum PON,” katanya

Berita Terkait
Baca Juga