MTQ XII Kabupaten Mimika Resmi Dibuka

Pemukulan gendang sebagai tanda pembukaan MTQ XII Kabupaten Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Pemukulan gendang sebagai tanda pembukaan MTQ XII Kabupaten Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah secara resmi dibuka oleh Penjabat Sekda Mimika, Ida Wahyuni di Gedung Serbaguna Baabussalam Timika, Jumat (1/3/2024).

Pembukaan MTQ ini juga dihadiri Jajaran Forkopimda, Ketua MUI Mimika, Kepala Kantor Kemenag Mimika, dan para tokoh muslim Mimika.

Ida mengatakan, salah satu program pembangunan di bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di maysarakat, diantaranya melalui pelaksanaan MTQ.

Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, meneguhkan kesuciannya, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif daripada kita suci bagi umat muslim.

“Saya berharap agar generasi qurani yang ada di ruangan ini, tidak hanya sekedar sanggup membaca alquran, tetapi juga memahami kandungannya agar bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ida saat membaca sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Ida juga mengutip salah satu ayat Al Quran yang artinya, wahai manusia kami jadikan kalian semua dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. “Ini berarti manusia kalau diurut asal usulnya adalah berasal keturunan yang sama, karena itu, manusia apapun agamanya, apapun sukunya, apapun bangsanya, dia adalah masih bersaudara karena berasal dari adam dan hawa,” katanya.

Diharapkan, MTQ tidak semata-mata sebagai wahana untuk berlatih dan berlomba membaca alquran, tetapi MTQ juga dapat mengedukasi umat Islam semakin mencintai dan membumikan alquran.

Generasi muda yang terlibat dalam kegiatan diharapkan akan semakin memiliki pemahaman yang benar tentang isi dan kandungan alquran.

“Kitab suci juga harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,” pesannya.

Ida berpesan kepada peserta dan panitia, agar mtw tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih kepada upaya memupuk motivasi dan keinginan yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan alquran, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

“Saya juga mengapresiasi kerja keras panitia serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan MTQ, yang mana Mimika terpilih sebagai tuan rumah dan mari kita siap sebagai tuan rumah yang baik dengan menjaga ketertiban dan keamanan,” pesannya.
           
Ketua Panitia Syarief Lacoro, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tujuan mencetak generasi qurani. MTQ tingkat kabupaten kali ini akan berlangsung selama tiga hari di dua tempat yakni masjid baabussalam Timika dan masjid At taqwa.

Peserta yang menang dalam MTQ ti giat kabupaten ini akan mengikuti MTQ tingkat Provinsi se Tanah Papua yang akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika.

MTQ ini diikuti 290 peserta yang berlomba pada enam cabang lomba diantaranya, cabang Tilawah, cabang hifdzil Quran, cabang Fahmil Quran, cabang Syarhil Quran, cabang khattil Quran, cabang karya tulis ilmiah alquran.

penulis : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *