Pelayanan Publik di Kiwirok Lumpuh Pasca Kontak Tembak dan Pembakaran

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal

TIMIKA | Situasi keamanan di Distrik Kiwirok dan Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang berangsur kondusif meski pelayanan publik masih terdampak pasca kontak tembak dan pembakaran fasilitas umum.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM. Kamal mengatakan, dalam beberapa hari terakhir Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi kekerasan di dua distrik wilayah Pegunungan Bintang.

Pada Senin 13 September 2021 KKB melakukan pembakaran dan aksi kekerasan di Distrik Kiwirok. Fasilitas umum seperti kantor distrik, Puskesmas, bank, serta sejumlah rumah warga rusak dan terbakar.

Peristiwa tersebut juga mengakibatkan seorang tenaga kesehatan Gabriella Meilani meningal dunia, dan lainnya terluka saat berupaya menyelamatkan diri dengan terjun ke dalam jurang.

Selanjutnya, kata Kamal, pada Selasa 14 September 2021 KKB kembali melakukan pembakaran di Distrik Okhika.

“Pelayanan publik di Distrik Kiwirok dan Distrik Okhika saat ini berdampak pasca aksi pembakaran yang dilakukan KKB,” kata Kombes Kamal, Jumat (17/9/2021).

Pada Senin siang, aparat keamanan terlibat baku tembak dengan KKB di Distrik Kiwirok. Dilaporkan seorang anggota KKB tewas dan dua lainnya terluka.

Menuruy Kamal, anggota KKB yang meninggal dunia bernama Elly M Bidana yang mengklaim dirinya sebagai Komandan Operasi KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo.

Ada pun baku tembak itu terjadi usai tim gabungan TNI-Polri mendapat serangan ketika melakukan penyisiran di Distrik Kiwirok.

“Mendapatkan tembakan dari KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo, sehingga personil membalas tembakan dan terjadi kontak tembak,” kata Kamal.

Hingga kini kelompok bersenjata Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo masih berada di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kamal menyebut, dalam beberapa waktu terakhir KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo sering kali melakukan aksi kekerasan di beberapa distrik terjauh di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Personel gabungan TNI-Polri yang berada di Distrik Kiwirok masih melakukan pengejaran dan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas oleh KKB,” katanya.

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *