Pembahasan LKPJ 2020 dan APBD Menunggu Hasil Audit BPKP Papua

Sekda Mimika Michael R Gomar. (Foto: Muji/Seputarpapua)
Sekda Mimika Michael R Gomar. (Foto: Muji/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Michael R Gomar mengatakan, penyerahan dan pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2020 dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021 masih menunggu hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua.

“Beberapa waktu lalu tim dari BPKP Papua sudah datang ke Mimika untuk melakukan audit keuangan. Saat ini kami menunggu hasilnya,” kata Gomar di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (18/5/2021).

Hasil audit dari BPKP Papua nantinya akan diketahui opini keuangan, apakah wajar tanpa pengecualian (WTP) atau wajar dengan pengecualian (WDP).

Opini keuangan inilah yang nantinya akan menjadi evaluasi Pemerintah Kabupaten Mimika untuk kedepannya.

“Untuk hasil audit dari BPKP Papua, rencananya akan diterima pada awal Juni 2021 nanti. Namun untuk tanggal pastinya kita belum mengetahui tetapi yang pasti pada awal Juni,” katanya.

Setelah hasil audit BPKP Papua berupa laporan hasil pemeriksaan (LHP) diterima, maka selanjutnya akan dijadikan dasar dalam pembuatan LKPJ.

Dikatakan, saat ini Pemkab Mimika sudah melakukan penyusunan draf LKPJ tahun anggaran 2020.

“Kalau LHP sudah diserahkan BPKP, kita pelajari untuk penyusunan LKPJ secara menyeluruh. Kemudian hasil penyusunan LKPJ 2020 akan diserahkan ke DPRD Mimika untuk dilakukan pembahasan,” terangnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.