Pembelian Amunisi untuk KKB Diduga Gunakan Dana Desa, Oknum Kepala Kampung Ditangkap

TIMIKA | Polda Papua berhasil mengungkap seorang pelaku pemberi dana untuk pembelian amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, pelaku berinisial TL dan merupakan kepala kampung itu, ditangkap di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Kamis, 4 Agustus 2022.

“Kami sudah menahan satu orang berinisial TL, yang diduga sebagai pemberi dana kepada KKB untuk membeli amunisi,” kata Kabid Humas.

Keterlibatan TL bermula dari penangkapan seorang oknum ASN Kabupaten Nduga berinisial AN. AN kedapatan membawa 615 butir amunisi dan satu buah senjata api rakitan di Kabupaten Yalimo pada 29 Juni 2022.

“Terungkapnya nama-nama pemberi dana tersebut didapat dari pengakuan AN yang sampai saat ini masih diamankan di Polres Yalimo,” kata Kamal.

Kemudian, hasil pemeriksaan terhadap TL, diketahui bahwa uang yang diberikan kepada AN berasal dari Dana Desa (DD).

“TL memberi Rp150 juta secara sukarela dari dana desa,” ungkap Kamal.

Saat ini saudara TL telah dibawa ke Polres Yalimo untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dan yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Selanjutnya mengenai pemberi dana lainnya kepada AN, Kamal menyebut berjumlah tiga orang oknum pejabat kampung. Total uang diberikan kepada AN untuk membeli amunisi berjumlah Rp450 juta.

“Jadi masih ada dua oknum pejabat kampung yang kita cari, mereka berbeda distrik dari TL,” ungkapnya.

Sebelumnya, personel Polres Yalimo menangkap oknum ASN Kabupaten Nduga berinisial AN di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo lantaran kadapatan membawa 615 butir amunisi berserta senjata api rakitan.

Dari penangkapan itulah pihak kepolisian melakukan pendalaman guna mengungkap asal muasal dana yang digunakan untuk membeli amunisi dan diberikan kepada KKB pimpinan Egianus Kogoya.

 

reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.