Pemkab Mimika Kirim 179 Orang Ikut PENAS KTNA 2023

Pj Sekda Mimika Petrus Yumte menyerahkan bendera pataka kepada ketua Tim Penas KTNA Mimika 2023 Petrus Lewa Koten tanda dilepasnya 179 peserta dari Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Pj Sekda Mimika Petrus Yumte menyerahkan bendera pataka kepada ketua Tim Penas KTNA Mimika 2023 Petrus Lewa Koten tanda dilepasnya 179 peserta dari Mimika. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Petrus Yumte melepas peserta pekan nasional (PENAS) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) utusan Kabupaten Mimika di salah saty hotel di Yos Sudarso, Kamis (8/6/2023).

Kabupaten Mimika termasuk salah satu PENAS ke XVI tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat, yang akan dilaksanakan mulai 10 Juni -15 Juni 2023.

Ketua Tim Penas KTNA Mimika Petrus Lewa Koten mengatakan Mimika mengirim 179 peserta yang terdiri dari 1 orang peninjau, 74 orang penyuluh, dan 104 peserta dari petani, nelayan, peternak, dan pengusaha UMKM.

Penas KTNA utusan dari Kabupaten Mimika terdiri dari peserta utama, tim pendamping dan tim peninjau.

Peserta diberangkatkan dari Mimika menuju Sumbar pada Jumat (9/6/2023).

Pj Sekda berharao perwakilan Kabupaten Mimika dapat menjaga dan membawa nama baik Kabupaten Mimika.

Menurutnya KTNA merupakan ajang bagi Kabupaten Mimika untuk berbagi pengetahuan dan menyerap ilmu dari para peserta dari seluruh Indonesia. Selain itu Penas KTNA juga ajang promosi apa yang menjadi potensi unggulan dari daerah.

“Kita harapkan peserta utusan dari Mimika ketika pulang bisa membawa hasil seperti kita harapkan, yakni lebih kreatif, kemudian jangan ambil ilmu saja, kalau bisa kita juga berikan ilmu kita kepada peserta lain dan peserta lain mau belajar dari kita,” tegasnya.

Peserta juga diharapkan ketika kembali dapat membuat inovasi-inovasi baru di setiap bidang mereka.

“Jangan rica ambil dari Manado, bawang dari Sulawesi, tapi kita harus tanam cabe sendiri, kalau musim hujan tiba bagaimana caranya agar panen tetap stabil belajar dari sana,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan