Perdana dan Momen Bersejarah, 75 Paskibra Dikukuhkan Pj Gubernur Papua Tengah

Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk mengukuhkan 75 Paskibra Provinsi Papua Tengah di Nabire, Selasa (15/8/2023). (Foto: Roy/Seputarpapua)
Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk mengukuhkan 75 Paskibra Provinsi Papua Tengah di Nabire, Selasa (15/8/2023). (Foto: Roy/Seputarpapua)

NABIRE | Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengukuhkan 75 Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra), Selasa (15/8/2023) di ruang aula Batalyon Inf Raider Khusus 753/AVT.

Ke 75 Paskibra akan bertugas pada upacara HUT ke 78 RI di Nabire, Ibukota Provinsi Papua Tengah tanggal 17 Agustus 2023.

Upacara pengukuhan dengan komandan upacara salah satu Paskibraka Marijke Zefania Aprilia Waromi tersebut dihadiri langsung oleh orang tua Paskibraka dan juga Forkompinda Provinsi Papua Tengah.

”Ini menjadi suatu kebanggaan bagi saya dan bapak/ibu untuk ikut bersama dalam pengukuhan anggota Paskibra Provinsi Papua Tengah angkatan pertama tahun 2023, yang merupakan perdana bagi kita dalam mengikuti rangkaian acara peringatan kemerdekaan ke-78 RI di Papua Tengah ini,” ungkap PJ Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk.

Ribka Haluk menyampaikan hari ini merupakan momentum yang bersejarah, bukan hanya karena merupakan langkah awal bagi provinsi yang baru ini, tetapi juga karena saat ini bersama menyambut ulang tahun kemerdekaan bangsa ini.

“Tema perayaan HUT RI ke-78 Terus Melaju Untuk Indonesia Maju begitu relevan dengan semangat kita di Provinsi Papua Tengah. Semangat untuk terus maju, mengatasi segala tantangan yang kita hadapi. Saya memiliki keyakinan bahwa generasi muda yang diwakili oleh anggota Paskibra yang gagah dan anggun ini, adalah tulang punggung perubahan yang kita butuhkan untuk mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan,” tutur Pj Gubernur.

Ia mengatakan anggota Paskibra sebagai garda terdepan dalam mengibarkan panji-panji kebanggaan bangsa ini. Paskibraka juga memiliki tanggung jawab besar dalam memimpin perayaan kemerdekaan ini.

“Kelak semua mata akan ikut menatap setiap ayunan langkah kalian untuk mengibarkan Bendera Merah Putih. Tanamkan kebanggaan dan rasa percaya diri yang tinggi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kalian. Dan ingatlah kalian akan menjadi sejarah dan cerita di tahun-tahun yang akan datang. Pastikan bahwa kalian akan mengukir sejarah yang baik bagi pelaksanaan HUT Kemerdekaan ke-78 yang merupakan perdana ditingkat Provinsi Papua Tengah,” lugasnya.

Ribka Haluk menambahkan kepada para orang tua anggota Paskibra yang hadir di memberikan dukungan dan apresiasi yang tulus kepada anak-anak yang telah berjuang untuk menjadi bagian dari pasukan ini. Keberhasilan mereka adalah bukti kesungguhan dalam mengibarkan bendera kebangsaan dan menghormati perjuangan para pahlawan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada segala pihak yang telah terlibat dalam proses pembentukan mental dan displin anak-anak anggota paskibra. Dalam momentum yang bersejarah ini, dengan penuh rasa bangga dan haru saya ingin menyampaikan bahwa sang saka merah putih yang nanti akan dikibarkan di lapangan Kodim 1705 Nabire ialah bendera merah putih yang Ibu Gubernur jahit sendiri pada kegiatan peringatan hari Ibu di Kota Bengkulu pada tanggal 21 desember 2022 lalu,” ucapnya.

penulis : Roy

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *