Peringatan Hari Anak Nasional di Asmat Dimeriahkan dengan Karnaval

Salah satu peserta karnaval. (Foto: Elgo Wohel)
Salah satu peserta karnaval. (Foto: Elgo Wohel)

ASMAT | Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Sabtu (22/7/2023) menggelar karnaval untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Karnaval dilepas Plh Sekretaris Daerah Asmat Riechard Mirino dari Lapangan Yos Sudarso Agats.

Kemudian peserta karnaval dengan menggunakan pakaian adat se-Nusantara berjalanan kali dengan rute yang sudah ditentukan panitia.

Dalam sambutannya, Plh Sekda Riechard Mirino mengatakan, peringatan HAN merupakan hal penting dalam upaya mensosialisasikan pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia.

Hal ini untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Peringatan HAN dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia, sebagai tumbuh dan berkembang dengan cara mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air.

“Tujuan dari kegiatan Hari Anak Nasional adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus,” kata Riechard.

Untuk itu, Riechard mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memberikan perlindungan kepada anak sejak dini.

“Untuk itu, mari bersama kita menjaga dan mendidik anak- anak kita yang usia PAUD sebagai usia emas, agar tumbuh dan berkembang dengan baik untuk masa depan keluarga, bangsa dan negara,” pungkas Riechard.

 

penulis : Elgo Wohel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *