Peringati HKN ke 59, Pj Bupati Mappi Ingatkan Dinkes Tingkatkan Pelayanan

Peringati HKN ke 59, Pj Bupati Mappi Ingatkan Dinkes Tingkatkan Pelayanan
Foto bersama Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar.

MAPPI | Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar memimpin apel dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kabupaten Mappi.

Upacara berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan pada Senin (13/11/2023), dan dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua TP-PKK Stefanie Gomar, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dalam sambutanya dikatakan dimana di Indonesia saat ini mengalami periode bonus demografi, yang merupakan kesempatan langka dalam peradaban suatu negara.

“Kita Bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari Middle-Income Trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai Visi Indonesia Emas 2024. Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai keemasan itu,” ungkapnya.

Pj Bupati menerangkan, sesuai amanat UUD 1945 bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Dan Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

Hal itu juga diatur melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang kesehatan yang baru disahkan, dan saat ini pemerintah sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) sebagai pedoman dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Pesan saya, RIBK yang digagas oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib mengimpelementasikan hal tersebut dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya,” tegasnya.

Menteri Kesehatan, lanjut Pj Bupati menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua tenaga kesehatan yang telah berjuang tanpa lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Indonesia.

“Saya berharap dalam memperingati HKN ke 59 di Kabupaten Mappi, dalam hal ini Dinas Kesehatan kedepannya terus meningkan dalam hal pelayanan kesehatan yang maksimal kepada seluruh warga masyarakat,” pungkasnya.

editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *