Perubahan Jadwal Pra-PON, Keuntungan Silat Papua Siapkan Atlet

Atlet silat Papua menjalani latihan. (Foto: KONI Papua)
Atlet silat Papua menjalani latihan. (Foto: KONI Papua)

JAYAPURA | Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengprov IPSI) Papua tak mempermasalahkan adanya perubahan jadwal babak kualifikasi atau Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung tahun ini.

Sama dengan cabang olahraga beladiri lainnya, Pencak Silat semulanya akan menjalani Pra-PON pada multi iven beladiri bertajuk Indonesia Martial Art Games (IMAG) di Solo, Jawa Tengah.

Namun, agenda tersebut mengalami perubahan. Dimana beberapa cabor beladiri baru akan berlaga di Pra-PON pada bulan Oktober mendatang, sementara Pencak Silat dijadwalkan mundur ke bulan September.

“Kalau untuk jadwal IPSI itu semula bulan Oktober, tapi setelah rapat pengurus pusat diputuskan maju pada September di Solo,” kata Demena kepada awak media di Kantor KONI Papua, Minggu (2/7/2023).

Menurut Demena, perubahan jadwal tersebut menguntungkan IPSI Papua terhadap persiapan tim untuk menyiapkan atlet lebih matang lagi.

“Secara jadwal ini menguntungkan kita, juga untuk melakukan persiapan secara matang. Cuma kita harus benar-benar menyiapkan atlet yang memiliki potensial agar bisa lolos menuju PON,” ujarnya.

Akibat perubahan jadwal itu, sejumlah cabang olahraga beladiri mengubah agenda Pra-PON. Kepastian perubahan jadwal pelaksanaan Pra-PON tersebut berdasarkan surat rekomendasi KONI Pusat perihal penyempurnaan jadwal 38 cabang olahraga.

“Sehubungan dengan dasar-dasar yang ditetapkan, disampaikan penyempurnaan pertama informasi jadwal pelaksanaan babak kualifikasi PON XXI 2024 Aceh – Sumut untuk menjadi pedoman KONI provinsi dalam menyiapkan atlet menghadapi babak kualifikasi PON XXI,” demikian isi surat yang ditandatangani Sekjen KONI Pusat, Tb Lukman Djajadikusuma pada 20 Juni 2023.

penulis : Vidi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan