Philip Mehrtens Minta Obat, Kapolda: Kami Akan Penuhi

Philip Mehrtens Minta Obat, Kapolda Kami Akan Penuhi
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri. (Foto: Ist)

JAYAPURA | Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri memberikan sinyal untuk memenuhi kebutuhan obat yang dibutuhkan pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens  yang disandera KKB Eginnus Kogoya.

Kapolda mengatakan, pihaknya akan memberikan obat yang dibutuhkan jika ada yang bersedia masuk ke lokasi penyanderaan Mark Mehrtens.

Menurut kapolda, keselamatan pilot asal Selandia Baru itu juga bagian penting dari upaya pembebasan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan aparat TNI-Polri.

“Siapa yang mau ke dalam (hutan) ya kita kasih silahkan. Kalau ada yang mau bawa kita akan buka akses karena keselamatan dari pilot itu kan faktor utama,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura, Jumat (9/2/2024).

Kapolda menyebut, pengiriman obat yang dibutuhkan juga akan menggunakan negosiator.

“Mau ke dalam kan tidak jadi susah toh? Buktinya kalian (wartawan) bisa dapat video, berarti ada yang keluar,” ujarnya.

Menurut Irjen Mathius Fakhiri, upaya memenuhi kebutuhan obat untuk pilot Mark Mehrtens merupakan bagian dari rasa kemanusiaan.

“Kalau kita tidak bantu nanti dia gara-gara tidak obat bagaimana? Jadi tentunya karena kemanusiaan kan pasti akan diperhatikan, diberikan ruang oleh aparat keamanan TNI-Polri,” terangnya.

Lebih lanjut mantan Komandan Brimob Polda Papua itu juga memastikan bahwa 1 tahun disandera, kondisi pilot Mark Mehrtens dalam keadaan sehat.

“Kalau dari visual video dia dalam kondisi sehat, tapi kelihatan lebih kurus karena mungkin jalan terus dari Paro ke Yuguru balik lagi. Naik lagi mungkin ke arah Lanny Jaya. Setahu saya dia putar di antara dua tempat itu saja,” ungkap Kapolda.

Sebelumnya, dalam video yang diterima, Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens mengatakan ia ingin dibantu disediakan obat asma berupa inhaler.

“Komandan (KKB) memberitahuku, ia bisa membantuku memesan beberapa barang untukku, jadi aku meminta satu atau dua ventilan inhaler berjaga jika aku terserang asma,” tuturnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta sebanyak mungkin buku berbahasa Inggris berbentuk digital untuk bahan bacaan.

penulis : Firga
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *