Polisi di Timika Bubarkan Sekelompok Warga Hendak Demo Tolak Otsus Jilid II

BUBARKAN - Aparat keamanan membubarkan sekelompok masyarakat Papua yang hendak menggelar demo damai Tolak Otsus Jilid II' di Timika, Papua, Rabu (23/09/2020). Tiga pemuda Papua, di antaranya mengenakan kaos bermotif Bintang Fajar ditangkap aparat karena dituduh sebagai provokator. Foto: Sevianto/SP
BUBARKAN | Aparat keamanan membubarkan sekelompok masyarakat Papua yang hendak menggelar demo damai Tolak Otsus Jilid II' di Timika, Papua, Rabu (23/09/2020). Tiga pemuda Papua, di antaranya mengenakan kaos bermotif Bintang Fajar ditangkap aparat karena dituduh sebagai provokator. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Aparat Kepolisian di Timika, Papua membubarkan sekelompok warga yang berkumpul dan hendak melakukan aksi demo, Rabu (23/9).

Seperti informasi sebelumnya, Front Rakyat Papua berencana melakukan aksi demonstrasi damai menolak Otsus jilid II. Bahkan mereka telah memasukkan surat ke Polres Mimika untuk aksi yang akan dilakukan.

Namun, Kepolisian setempat tidak memberikan izin lantaran melihat situasi dan kondisi di Timika sedang pandemi Covid-19.

Setelah aparat gabungan TNI/Polri bersama OPD terkait lingkup Pemkab Mimika melakukan apel di lapangan Timika Indah untuk melaksanakan kegiatan razia masker, terdapat sekelompok warga berkumpul di sekitaran depan gedung Eme Neme Yauware hingga gedung perpustakaan Timika Indah.

Selanjutnya petugas Kepolisian mendatangi sekelompok warga itu dan memberikan imbauan untuk tidak berkumpul.

Saat imbauan disampaikan, sekelompok warga justru tidak mengindahkan imbauan Polisi, mereka malah beringas dan menghujani aparat dengan lemparan batu.

Atas tindakan itu, aparat langsung mengambil langkah secara profesional sesuai SOP yang berlaku. Sekelompok warga tersebut dibubarkan dengan cara mengeluarkan tembakan peringatan ke udara dan menembakkan gas air mata.

Warga bubar berlarian lalu masuk ke lorong-lorong. Bahkan saat di dalam lorong, mereka sempat memancing amarah aparat dengan melempar batu ke arah petugas.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.