PSSI Kirim Surat ke FIFA, Putuskan KLB Maret 2023

Logo PSSI. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Logo PSSI. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Federasi sepakbola Indonesia PSSI telah bersurat ke FIFA untuk mengadakan Kongres Luar Biasa pada 18 Maret 2023. Surat tersebut juga melalui rekomendasi Tim Gabungan Indenpenden Pencari Fakta (TGIPF) yang diketuai Menkopolhukam.

Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani mengatakan rapat Exco yang dilakukan sebelumnya, salah satu keputusannya adalah melaksanakan KLB. Dimana PSSI diminta untuk melakukan percepatan KLB untuk menghasilkan kepengurusan yang berintegritas dan bebas dari konflik kepentingan.

“Kita sudah bersurat ke FIFA, nantinya akan dibuat dulu Kongres Biasa yang tadinya akan dilaksanakan pada Januari, itu untuk memilih komite pemilihan dan komite banding pemilihan. Di situ mereka akan membuat persayaratan-persyaratan untuk memilih exco, ketum dan waketum yang baru,” kata Hasani melalui rilis yang diterima, Jumat (4/11/2022).

Kata Hasani, KLB diputuskan secepatnya, namun harus melalui mekanisme tahapan yang harus dilewati.

“Kami memutuskan KLB karena sudah mendapatkan tekanan dari kiri kanan dari berbagai kalangan. Kita sudah berpikir yah sudahlah kita mundur saja, tapi kalau kita mundur dengan kondisi sekarang, siapa yang pimpin federasi ini. Lalu kesepakatannya kita harus buat KLB secepatnya,” ujarnya.

“Kalau kita gelar KLB itu karena memang dengan tanda kutip kita sudah tersandera. Maka kami melangsungkan KLB ini kalau bisa secepatnya, kalau Maret itu kan maksimum kalau bisa lebih cepat lebih bagus,” tambah Hasani.

Sebelumnya, Komite Eksekutif PSSI telah memutuskan untuk mempercepat Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa, sesuai tahapan aturan organisasi. Keputusan itu digelar dalam rapat Exco emergency meeting, yang dihadiri oleh 12 anggota Exco.

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang dikutib dari laman resmi PSSI mengatakan sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang kongres luar biasa, seharusnya sekurang kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis, maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai.

“Keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi liga 1, liga 2, dan liga 3 yang selama ini menjadi nafas dan marwah sepakbola di tanah air,” tandas Irawan.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.