PT Mpaigelah Bagikan Air Layak Minum Gratis kepada Warga Mimika

Direktur PT Mpaigelah, Maximus Tipagau memberikan air bersih layak konsumsi kepada masyarakat Mimika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Direktur PT Mpaigelah, Maximus Tipagau memberikan air bersih layak konsumsi kepada masyarakat Mimika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Mpaigelah berbagi kasih dengan memberikan air layak minum secara gratis kepada warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Pemberian air layak minum ini dilakukan PT Mpaigelah selama 1 bulan yang dimulai dari hari ini, Selasa (6/2/2024), bertempat di Jalan Belibis ujung, depan Gedung Eme Neme Yauware.

Direktur PT Mpaigelah, Maximus Tipagau mengatakan, hal yang melatarbelakangi pihaknya sehingga memberikan air layak minum secara gratis kepada warga Mimika adalah, setelah mengetahui bahwa kualitas air di Mimika berbahaya untuk dikonsumsi.

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, Pihak UPT Laboratorium Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa, 12 Desember 2023 di Mimika menyatakan, sampel air dari DLH Mimika yang diuji di UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Sulawesi Selatan sebagian besarnya atau 85 persen memang memenuhi standar baku, namun sebagian kecilnya kadar Chemical Oxygen Demand (COD) tidak memenuhi.

Karena itu, pihak UPT Laboratorium Lingkungan menyatakan bahwa air sumur dan sungai di Mimika masih layak digunakan untuk mandi maupun mencuci, namun berbahaya jika dikonsumsi.

“Permasalahan utama di Mimika adalah air bersih, yang bisa dikatakan sangat tidak layak untuk dikonsumsi,” kata Maximus Tipagau.

Pria yang dijuluki Gladiator ini, juga mengatakan bahwa memiliki homestay di Kampung Keakwa, Distrik Mimika Tengah. Di kawasan itu, kata dia, air tidak layak dikonsumsi. Hal inilah yang membuat Gladiator bersedih, sehingga masalah air sangat menjadi perhatian baginya.

Pada 2 tahun yang lalu, Maximus membeli fasilitas air bersih PT. Freeport Indonesia (PTFI) yang berada di kawasan Timika Indah 1, Jalan Belibis ujung dengan lahan seluas lebih dari 1 hektare.

“Ini mimpi saya yang sudah lama dan baru terealisasi. Karenanya, kami mulai hari ini sampai 1 bulan ke depan dengan sukarela membagikan air layak minum gratis kepada masyarakat,” kata Maximus.

Tujuan dari berbagi ini sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa air sangatlah penting bagi kehidupan. Ia pun mengajak pemerintah daerah agar memprogramkan penyediaan air bersih, apalagi pemerintah pusat dan Panglima TNI sangat mendukung ketersediaan air bersih di daerah.

“Apa yang saya lakukan untuk dukung pemerintah, serta berbagi berkat yang sudah didapatkan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sumber air bersih ini berasal dari pompa air yang sudah dipasang oleh Freeport dan telah melayani selama bertahun-tahun warga di kawasan Timika Indah I dan II. Kemudian masih di treatment lagi dengan alat yang dimiliki PT Mpaigelah, sehingga dipastikan air yang dibagikan ini sangat layak dikonsumsi masyarakat.

“Selama 1 bulan kami berikan air gratis dengan syarat bawa galon atau tempat sendiri, nantinya akan dipasang stiker. Tidak peduli berapa banyak warga butuhkan, dan pelayanan akan dilakukan sampai malam,” tandasnya.

penulis : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *