PTFI Edukasi Keselamatan Pengguna Jalan kepada Siswa dan Guru

Suasana para siswa dan guru SMKN 1 Mimika mengikuti kegiatan edukasi keselamatan pengguna jalan di area Kuala Kencana dalam rangka Bulan K3 Nasional PTFI 2024. (Foto: Ist)
Suasana para siswa dan guru SMKN 1 Mimika mengikuti kegiatan edukasi keselamatan pengguna jalan di area Kuala Kencana dalam rangka Bulan K3 Nasional PTFI 2024. (Foto: Ist)

TIMIKA | Masih dalam rangkaian Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) 2024, PT Freeport Indonesia (PTFI) mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah mendukung memberikan edukasi keselamatan pengguna jalan di area Kuala Kencana bagi siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Mimika.

Kegiatan yang diadakan pada Jumat, 19 Januari 2024 itu berlangsung di ruang pertemuan sekolah yang diikuti seluruh siswa maupun guru SMK Negeri 1 Mimika.

Sekolah kejuruan yang berada di dalam area perusahaan PTFI kawasan LIP Kuala Kencana ini menjadi perhatian perusahaan, dikarenakan para siswa dan guru masuk dan keluar sekolah melewati jalan di area perusahaan. Sehingga sehingga bagi PTFI penting bagi mereka untuk mengetahui dan memahami peraturan berkendara di area perusahaan.

Kepala SMKN 1 Mimika, Selsius E. Aron, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada Panitia BK3N PTFI atas kepedulian terhadap siswa-siswi, yangmana setiap hari siswa SMKN 1 mengendarai sepeda motor ke sekolah.

“Mereka (para siswa) perlu diberi dukungan edukasi tentang keselamatan berkendara dengan sepeda motor di jalan, agar lebih paham dan mematuhi peraturan dan selalu mengutamakan keselamatan,” kata Selsius.

Sementara Ketua Panitia BK3N PTFI area dataran rendah (Lowland), Handanawirya Narottama, menyampaikan bahwa keselamatan berawal dari diri masing-masing. Ketika melakukannya dengan baik, maka akan berdampak baik juga bagi orang lain.

“Kami berharap, usai mengikuti edukasi keselamatan ini, para siswa selalu mengingat dan mengimplementasikannya dalam keseharian baik di lingkungan sekolah, di jalanan dan di masyarakat. Kalian semua menjadi duta bagi keselamatan pribadi dan juga keselamatan orang lain,” kata Handanawirya.

Sementara salah seorang siswi kelas 10, Grecia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia BK3N PTFI yang memberikan pembelajaran tentang keselamatan berkendara dengan sepeda motor. Menurutnya, ini baru pertama kali dirinya mengikuti dan mendapatkan edukasi tentang keselamatan berkendara dengan sepeda motor.

“Ini sangat penting bagi saya, karena selama ini saya tahunya pakai motor yang penting pakai helm saja. Ternyata banyak sekali hal yang harus saya ketahui dan pahami. Terutama tentang rambu-rambu lalu lintas, selama ini saya tidak tahu artinya, dan cara bacanya bagaimana. Sekarang baru saya tahu,” katanya.

Bulan K3 Nasional 2024 mengambil tema ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha’. Tujuan dan sasaran Bulan K3 Nasional 2024 adalah meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha, meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era digital ekonomi, mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing, dan meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan kemandirian pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

penulis : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *