Pulang Kampung, Kapolda Papua Pesan Jaga Kebersamaan Jelang Pemilu

Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safant, tokoh agama, tokoh masyarakat dan stakeholder berfoto bersama. (Foto: Wan/Seputarpapua)
Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safant, tokoh agama, tokoh masyarakat dan stakeholder berfoto bersama. (Foto: Wan/Seputarpapua)

MAPPI | Kapolda Papua Irjen pol Mathius D. Fakhiri “pulang kampung” ke Kampung Bade, Distrik Edera, Kabupaten Mappi, Papua Selatan, dan menggelar kegiatan Natal bersama, Kamis (18/1/2024).

Fakhiri hadir bersama Penjabat (PJ) Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dalam sambutanya sama-sama menekankan pentingnya makna Natal untuk terus menjaga kebersamaan, terutama menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Saya adalah muslim yang meyakini kebenaran agama, tapi tidak ada satu alasan pun yang menghalangi untuk tetap bersaudara dengan kaum Kristiani,” ujar Fakhiri.

Keberhasilan penyelenggaraan Pemilu, sambung Fakhiri, tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara dan aparat keamanan. Ia menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga situasi tetap terkendali.

“Mari kita bersama-sama berpegang tangan mengawal dan mensukseskan Pemilu, saya juga mengajak umat Kristiani dan katolik untuk berperan aktif dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara yang bermartabat untuk mewujudkan kesejahteraan bersama,” tuturnya.

Ia pun memberi apresiasi kepada seluruh masyarakat di Papua Selatan karena selama ini tidak menjadi kawasan rawan gangguan keamanan.

Hal ini diharapkannya dapat terus dipertahankan agar wilayah tersebut dapat terus berkembang.

“Papua Selatan dari waktu ke waktu tidak menyumbang persoalan bagi Tanah Papua, mari kita wujudkan kedamaian yang hakiki sehingga rakyatnya makin sejahtera dan makmur,” kata Fakhiri.

Sementara Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo berpesan bahwa keberagaman di wilayah tersebut harus dipertahankan karena hal itu bisa menjadi sebuah kekuatan besar untuk pembangunan.

“Kita meresapi Injil dengan cara saling menghargai, saling menghormati dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Perbedaan adalah anugerah dari yang kuasa, maka tugas kita adalah menjaga kemajemukan dalam satu harmonitas hidup,” kata dia.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Papua Selatan untuk berperan aktif dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan memilih pemimpin terbaik.

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi terbesar di tanah air, kami mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas, mari kita sama-sama menjaga kondusifitas, selain itu kami mengajak semua untuk datang ke TPS dan menyalurkan suaranya,” kata Safanpo.

Dalam kunjungan Kapolda Papua ke Distrik Edera, ia juga sempat menyambangi kampung halamannya di Kampung Gimikia untuk ikut menikmati aneka buah-buahan hasil kebun dari warga setempat.

penulis : Wan
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *