Ratusan Orang Ikut Pemeriksaan Mata Gratis yang Diadakan Freeport Indonesia

Ratusan Orang Ikut Pemeriksaan Mata Gratis yang Diadakan Freeport Indonesia
Warga Kampung Nayaro, Yacobus Umapi saat diperiksa mata. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Ratusan warga Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mengikuti pemeriksaan mata gratis yang diadakan PT Freeport Indonesia di Puskesmas Timika, Senin (1/4/2024).

Kegiatan Layanan Kesehatan Mata ini dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun PT Freeport Indonesia ke 57 tahun yang jatuh pada 7 April 2024 mendatang.

Manager Community Affairs PT Freeport Indonesia yang juga Koordinator Layanan Kesehatan Mata wilayah Low Land, Lita Karubaba mengatakan, sebelumnya sudah dilaksanakan di Banti dan Mapuru Jaya yang diikuti lebih dari 300 orang.

Di Puskesmas Timika ini akan dilaksanakan dua hari Senin dan Selasa 2 April 2024. “Per hari ini sudah 177 orang yang daftar,” kata Lita saat diwawancara di Puskesmas Timika.

Secara keseluruhan, pemeriksaan ini ditargetkan untuk 500 orang, tetapi tentu diharapkan tidak sebanyak itu yang menderita penyakit mata.

Selain pemeriksaan secara gratis, Freeport juga menyediakan 250 kacamata secara gratis. Lita menambahkan, ada juga operasi katarak yang akan dilakukan pada 5 dan 6 April 2024 di RSMM Charitas. Sebelum operasi, nanti akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

“Yang akan operasi ini dari Banti 1, Mapuru Jaya 7. Kita tunggu lagi dari sini, SP9 dan SP12,” katanya.

Lita menambahkan, pemeriksaan gratis ini dilaksanakan atas dukungan dan kerjasama PSU, YPMAK, Persatuan Dokter Papua, Dinas Kesehatan Mimika, RSUD Banti, RSUD Mimika dan RSMM.

Ia berharap dengan layanan kesehatan mata ini, bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa misalnya katarak itu masih bisa disembuhkan dan masuarakat inisiatif untuk periksakan diri ke dokter.

“Dengan ada screening ini mereka jadi tau kalau katarak ini bisa disembuhkan dengan obat tetes, terus juga mereka bisa jadi tau kalau gula darah tinggi itu berpengaruh juga ke mata,” pungkasnya.

Pemeriksaan di Puskesmas Timika ini juga diikuti 7 orang dari Kampug Nayaro. Salah satu warga Nayaro yang ikut Yakobus Umapi, datang ditemani istrinya Petronela Kamareyau karena dia tidak bisa melihat dengan jelas.

“Macam bayang-bayang saja lihat ini,” kata Yakobus.

Yakobus akan mengikuti pemeriksaan di hari kedua di Puskesmas Timika. Ia dan istrinya bersyukur ada pemeriksaan mata gratis dari PT Freeport Indonesia. “Terima kasih untuk Freeport,” katanya.

penulis : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *