SAC Indonesia Hadir di SMPN 2 Mimika, Ada Harapan Anak Papua Juga Bisa

Siswa SMPN 2 Mimika mempraktekkan nomor lari estafet dalam road show SAC Indonesia, Jumat (30/9/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Siswa SMPN 2 Mimika mempraktekkan nomor lari estafet dalam road show SAC Indonesia, Jumat (30/9/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | DBL Indonesia sebagai pelaksana yang ditunjuk PB PASI mengadakan Iven Student Athletics Champions (SAC) Indonesia pada 7-9 Oktober 2022 di Kabupaten Mimika, Papua, melakukan kegiatan road show ke SMPN 2 Mimika, Jumat (30/9/2022).

Road show yang dilakukan, bertujuan mengenalkan nomor-nomor dalam cabang olahraga atletik kepada para siswa dan siswi SMPN 2 Mimika. Sehingga itu diharapkan dapat menumbuhkan minat generasi muda Papua terhadap cabang olahraga atletik.

Membuka kegiatan, para siswa siswi SMPN 2 Mimika mempertunjukkan kegiatan ekstrakulikuler sekolah berupa tarian kontemporer khas Papua. Kemudian dilanjutkan simulasi lari estafet jarak pendek yang melibatkan siswa siswi dalam peragaaannya.

Antusias begitu terlihat ketika siswa lainnya mendukung rekan mereka yang mengikuti simulasi lari estafet. Tepuk tangan hingga teriakan dukungan meramaikan suasana road show yang baru pertama kali diadakan untuk SAC Indonesia Papua qualifiers ini.

Bahkan, antusias siswa juga terlihat ketika panitia menghadirkan dua atlet asal Papua yang tergabung dalam pelatnas Indonesia timur memberikan motivasi.

Kedua atlet tersebut masing-masing Mergina Asyerem yang merupakan atlet nomor sprinter 400 meter, dan Agustinus Ngamar Mahuse atlet nomor lempar lembing.

Abraham Pigay (14) yang merupakan siswa kelas 9 SMPN 2 Mimika, mengaku sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti SAC Indonesia Papua Qualifiers yang dihelat 7-9 Oktober mendatang.

Ia berharap, anak-anak Papua dari SMPN 2 Mimika nantinya bisa memberikan yang terbaik dalam ajang tersebut.

“Mudah-mudahan teman-teman dari Papua bisa menunjukkan bahwa kita yang di Papua juga bisa berprestasi, bisa seperti atlet-atlet yang lain,” kata Abraham.

Sementara Derita Pamewa selaku guru olahraga SMPN 2 Mimika, menyampaikan rasa syukur kerena sekolah tempat Ia mengajar ditunjuk menjadi salah satu tempat diadakannya road show SAC Indonesia.

“Ini ajang terbesar yang dilaksanakan oleh PB PASI, sehingga kami bersyukur dilibatkan dalam hal ini,” ujarnya.

Ia mengaku, SMPN 2 Mimika mendukung perhelatan SAC Indonesia untuk Papua qualifiers di Kabupaten Mimika dan akan diselenggarakan di Mimika Sport Complex (MSC) Oktober mendatang.

“Kalau antusias siswa, kita lihat sendiri, cukup panas tapi antusiasnya itu diatas rata-rata,” katanya.

Panitia dari DBL Indonesia selanjutnya akan mengadakan road show SAC Indonesia di SD Sentra Pendidikan. Disitu akan ada games formula one dan kanga’s escape atau atletik khusus anak yang nantinya akan setup secara baik propertinya.

“Untuk kanga’s escape sendiri, setupnya kan lari gawang, yang nantinya akan ada di kompetisi profesional yaitu lari gawang atau hurdles, jadi lari dan juga lompat. Kalau formula one, ini lebih kompleks lagi, selain ada lompat nantinya akan ada lari zig-zag dan juga lompat gawang,” jelasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.